Rabu, 03 November 2010

rangkuman 1 Audit Sampling pada Pengujian Pengendalian (Test of Control), ringkasan audit 2

Rangkuman
Audit sampling digunakan sebagai aplikasi prosedur audit dengan cara melakukan pengujian terhadap sebagian bukti (baik itu terhadap saldo akun maupun terhadap kelompok transaksi) untuk membuat kesimpulan mengenai karakteristik seluruh bukti.

Pelaksanaan pengujian, yang terdiri dari 2 (dua) pengujian yaitu (1) pengujian pengendalian (test of control) dan (2) pengujian substantif (substantive test). Pengujian pengendalian adalah prosedur audit yang dilaksanakan untuk menentukan efektivitas desain dan/atau operasi pengendalian intern. Sedangkan pengujian subtantif adalah pengujian yang mengungkapkan kekeliruan atau salah saji moneter dalam pencatatan dan pelaporan transaksi (test of transaction) dan saldo akun (test of balance).

Ketika audit sampling digunakan untuk memenuhi standar pekerjaan lapangan, perlu diketahui bahwa ketidakpastian (uncertainties) dipacu oleh 2 (dua) faktor yaitu (1) yang berhubungan langsung dengan penggunaan sampel (sampling risk, atau risiko sampel) dan (2) yang tidak berhubungan dengan sampel (nonsampling risk, atau risiko nonsampel).

Dalam melaksanakan pengujian audit, seorang auditor dapat menggunakan sampel nonstatistik atau sampel statistik atau kedua-duanya. Persamaan antara sampel nonstatistik dan sampel statistik adalah:

  1. Keduanya membutuhkan keahlian dan pengalaman dalam pertimbangan perencanaan audit sampling, dalam pelaksanaan audit sampling, juga dalam mengevaluasi hasilnya.
  2. Keduanya memberikan bahan bukti audit yang cukup/layak (sufficient evidential matter).
  3. Keduanya merupakan subjek dari risiko sampling dan risiko nonsampling.
Sampling nonstatistik pada pengujian atas pengendalian (TOC) dilakukan dengan:
  1. Pengujian Prosedur Pengendalian Komputer yang Telah Terprogram.
  2. Pengujian Prosedur Pengendalian Komputer Secara Umum.
  3. Pengujian Prosedur Tindak Lanjut.
  4. Pengujian Pengendalian Manajemen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar