Senin, 29 November 2010

damapak perang korea bagi perdagangan luar negri indonesia

apa dampaknya bagi indonesia jika perang korea ini berlangsung lama ,membuat ekonomi meningkat apa bahkan membuat ekonomi indonesia lesu, atau bahkan tidak berdampak,padahal sudah tidak bisa di pungkiri neraca perdagangan kita dengan korea selatan surplus , sebagai negara yang bnayk mengimpor produk dari indonesia jika benar 2 berlangung lama, inflasi secara langsung di dalam negeri diperkirakan tidak terjadi. Akan tetapi, perang akan menimbulkan inflasi terhadap impor (imported inflation ).



Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan Bandung, Jumat (26/11/2010), mengatakan, perdagangan Indonesia dengan Korsel sejauh ini masih surplus. " Selain Korsel, negara lain yang memberikan surplus perdagangan besar yakni Amerika Serikat," katanya.

Akan tetapi, jika perang berlangsung, ekspor ke Korsel akan terganggu. Demikian pula dengan investasi Korsel di Indonesia juga akan terhambat. Meski kemungkinan imported inflation bisa muncul, peluang itu diharapkan bisa diimbangi bila nilai tukar rupiah dapat terus menguat.

Rusman menambahkan, pemicu inflasi yang dikhawatirkan muncul dalam waktu dekat ini yakni pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi. Pembatasan dipastikan berdampak langsung pada kalangan rumah tangga yang menggunakan BBM secara langsung.

"Akan tetapi, dampak itu tak terjadi pada angkutan umum. Pembatasan BBM bersubsidi masih berupa wacana dengan rencana pemberlakuan mulai 1 Januari 2011," ujarnya.




film kronologi kejadiaan perang      klik disini

 artikel terkait

indonesia mendapatkan keuntungan dari perang korea

korea utara siap2 mengarahkan rudal, korea selatan siap2 latihan

dampak perang korea bagi perdagangan dan industri indonesia

Kronologis Perang Korea Utara Vs Korea Selatan,sapa yang salah duluan?

sejarah perang korea

 

 

 

 


by: kompas






mau cari duit dengna on line,pasive in come yo gabung di klik disini atau gambar di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar