Sabtu, 11 Desember 2010

Pria Memang Berkeringat Lebih Banyak

Pria ternyata memang lebih mudah mandi keringat. Bukan hanya karena secara fisik mereka lebih aktif, tetapi juga suhu tubuh kaum pria lebih cepat naik dibanding dengan wanita, terutama ketika melakukan kegiatan fisik yang cukup berat.

Pada dasarnya pengeluaran cairan tubuh berupa keringat merupakan mekanisme untuk menyeimbangkan temperatur tubuh. Misalnya, pada saat suhu di dalam tubuh panas, maka perlu dikeluarkan cairan lewat kulit agar suhu di dalam tubuh bisa diturunkan sehingga kita merasa nyaman.

Para ahli selama ini percaya, pria berkeringat lebih banyak karena tubuh mereka berevolusi mengikuti aktivitas fisik pria yang lebih berat, mulai dari berburu hingga melakukan kegiatan pertukangan. Sebaliknya, kegiatan fisik wanita lebih ringan dan tubuh mereka juga lebih kecil sehingga air yang disimpan tubuh lebih sedikit. Jadi jika terjadi penguapan cairan lewat keringat secara berlebihan, mereka bisa mengalami dehidrasi.

Para ilmuwan dari Jepang menemukan bahwa orang yang lebih aktif berkeringat lebih banyak, apa pun jenis kelaminnya. Orang yang melakukan kegiatan olahraga akan mengeluarkan 60 persen cairan tubuhnya dibanding seseorang yang tidak aktif. Karena itu, orang yang aktif berolahraga kemampuan tubuhnya untuk beradaptasi pada suhu lingkungan lebih baik.

"Kaum perempuan secara umum memiliki cairan tubuh lebih sedikit dibanding pria sehingga mereka lebih gampang dehidrasi. Mereka juga lebih mudah terkena serangan panas karena tubuh mereka tidak terlalu bagus menurunkan temperatur dalam tubuh," kata Yoshimitsu Inoue, peneliti dari Universitas Osaka dan Kobe.

Sedikitnya, jumlah keringat yang dihasilkan tubuh perempuan merupakan strategi untuk bertahan di lingkungan panas, sedangkan keringat yang deras pada laki-laki bisa jadi adalah strategi untuk melakukan aktivitas fisik lebih berat. "Kemampuan adaptasi pada suhu panas akan lebih baik jika pria atau wanita melakukan olahraga," kata Inoue.

Setiap harinya, rata-rata kita berkeringat 1-1,5 liter, bergantung pada jenis kelamin, suhu udara dan berat ringannya aktivitas. Pemain sepak bola kehilangan dua liter keringat saat bertanding dan pelari maraton berkeringat sampai tiga liter dalam satu jam.



mau cari duit dengna on line,pasive in come yo gabung di klik disini atau gambar di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar