Rabu, 09 November 2011

TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA

BAB 4
TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA

A. ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL SAAT INI
Contoh organisasi bisnis melaksanakan aktivitas tanggung jawab sosial dan etika :
PT. Tripillar Jayatama bekerjasama dengan SKH Kedaulatan Rakyat memberi
tunjangan beasiswa belajar bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi di Yogyakarta.
Pengusaha-pengusaha nasional bergabung untuk mendukung pendanaan
pengiriman atlet-atlet nasional.


B. PERUBAHAN KONSEP TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Andrew Carnegie dan The Gospel of Wealth
Prinsip charity : kelompok orang kaya semestinya membantu masyarakat yang kurang beruntung.
Prinsip stewardship : setiap pribadi manusia mempunyai amanah melayani masyarakat secara optimal.
Argumen Milton Friedman
Tanggung jawab perusahaan : memproduksi barang dan jasa secara efisien sedangkan memberi solusi pada masalah-masalah sosial guna memberi perhatian dan perlindungan pada setiap individu adalah tanggung jawab pemerintah.

C. KOMITMEN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
1. Social Responsiveness Perusahaan
Tanggung jawab sosial perusahaan : merespon permasalahan sosial secara optimal dan tepat, bukan sebagai penanggung jawab permasalahan sosial.
2. Kinerja Sosial Perusahaan
Reaktif : perusahaan merespon isu sosial .
Defensif : perusahaan menghindari tantangan.
Akomodatif : menyesuaikan diri dengan kebutuhan pemerintah dan opini masyarakat.
Proaktif : mengantisipasi permintaan yang belum ada.
3. Etika menurut Pemikiran Timur
Stabilitas masyarakat didasarkan atas hubungan yang setara diantara anggota masyarakat
Keluarga adalah prototipe setiap organisasi sosial.
Perilaku baik terhadap setiap orang.
Perilaku bermoral merupakan tugas seseorang dalam hidupnya

D. PERGESERAN MENUJU ETIKA
Etika : studi tentang pengaruh keputusan-keputusan bisnis terhadap orang lain.
Empat tingkatan pertanyaan-pertanyaan etika :
a) Masyarakat, menanyakan tentang institusi dasar dalam masyarakat.
b) Stakeholder, pertanyaan yang ditujukan seperti pemasok, pelanggan, dan pemegang saham.
c) Kebijakan internal
d) Individu

E. INSTRUMEN-INSTRUMEN ETIKA
Values ( nilai ) : keinginan yang relatif tetap untuk tampak baik.
Hak dan kewajiban. hak : klaim yang memberikan seseorang ruang gerak untuk
melakukan tindakan.
Aturan moral : memberi petunjuk guna mengatasi perbedaan kepentingan.
Human relation
Moralitas umum : aturan moral yang mengendalikan permasalahan yang timbul dalam etika. Prinsip-prinsip moralitas :
1. Memegang janji
2. Tidak ada kemarahan
3. Saling membantu
4. Menghargai orang
5. Menghargai hak milik
Penerapan etika
Beberapa pertanyaan untuk menguji etika keputusan bisnis :
a. Apakah sudah mendefinisikan masalah dengan tepat?
b. Bagaimana akan menentukan masalah jika berdiri di sisi lain?
c. Bagaimana situasi ini tterjadi pertama kali?

F. TANTANGAN RELATIVISME
Relativisme Naif : setiap orang punya standar sendiri bagi setiap tindakan yang
diputuskan.
Relativisme Kultural : menganggap bahwa moralitas relative bagi kultur tertentu, masyarakat tertentu, atau komunitas tertentu.

fb comen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar