Rabu, 09 November 2011

KUALITAS

BAB 8 KUALITAS



Ø Total Quality Management adalah sebuah kultur organisasi yang mempunyai komitmen untuk memaskan konsumen melalui pemanfaatan system terpadu pada: alat,teknik,dan pelatiahan.TQM mencakup perbaikan berlanjutan dalan organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas lebih baik.

Ø  Titik perubahan dalam sejarah kualitas terjadi di jepang setelah perang dunia II, yaitu kerusakan parah yang dialami oleh industri jepang akibatperang dan karenanya harus dibangun kembali dari awal.
Ø  W. Edward Deming mengajarkan teknik pengendalian proses dengan statistic, pemfokusan pada kualitas memerlukan suatu revolusi yang berjangka panjang  dan filosofi yang menuntut suatu usaha besar untuk berubah.
Ø  Menurut josep juran hamper mirip dengan deming tetapi perubahan kualitas dapat terjadi seperti halnya dengan perubahan-perubahan lain dalam sebuah peusahaan, yaitu dengan menggunakan kerangka pada keputusan dan tindakan organisasional yang biasa.
Ø  Kaoru Ishikawa memperkenalkan Gugus Kendali Mutu dan perhatian pada pentingnya usaha kualitas total pada pelanggan
Ø  Empat belas pendapat dari deming tujuh diantaranya adalah meletakkan dasar perlunya pengubahan perilaku manajer dan pekerja, sehingga perusahaan dapat mencapai biaya rendah, kualitas tinggi pemasok barang dan jasa yang produktif, dan tempat kerja yang terhormat dan mendukung semua anggota organisasi agar dapat berkontribusi sepenuhnya. Empat belas pendapat itu yaitu :
1.      ciptakan keteguhan pada tujuan untuk memperbaiki produk dan jasa
2.      adopsi filosofi baru
3.      lepaskan ketergantungan pada inspeksi missal
4.      akhiri praktik kegiatan bisnis yang tidak baik
5.      perbaiki secara konstan dan berkelanjutan system produksi dan jasa
6.      bangun metode pelatihan modern pada pekerjaan
7.      bangun kepemimpinan
8.      jauhkan rasa takut
9.      hapuskan batas-batas antar bidang
10.  hilangkan slogan, desakan, target-target pada tenaga kerja
11.  hapus kuota dengan angka-angka
12.  hilangkan hambatan untuk membanggakan keahlian kerja
13.  adakan program pendidikan dan pelatihan yang andal
14.  ambil tindakan untuk melakukan transformasi
Ø  Lima ide pokok TQM(Total Quality Manajement) yaitu :
1.      pendekatan system
2.      alat TQM
3.      berfokus pada pelanggan
4.      peran manajemen
5.      partisipasi karyawan
Ø  3 sistem utama yang manajemen harus bertanggung jawab yaitu,
1.      the social system (symbol, rewars, recogniting, customer is next in line)
2.      the tegnical system (tools and techniques)
3.      the managerial system (managerial diagnosis, managing and checking poins, policy deployment, cross functional management, goal setting)
Ø  alat-alat TQM :
ü  statistical quality control
ü  pemehaman kunci akan manajemen kualitas
ü  diagram duri ikan (fishbone diagram)
ü  benchmarking
Ø  peran manajer yaitu untuk menemukan dan membetulkan penyebab kegagalan yang telah terjadi daripada hanya mengidentifikasi kegagalan yang telah terjadi dan mencari orang untuk disalahkan
Ø  baldrige award adalah sebuah penghargan yang diberikan pada perusaaan manufaktur atau jasa, dan usaha kecil dalam pencapaian terbaiknya dalam kualitas.
Ø  Persepsi mengenai waktu dan pemikiran ulang tentang hubungan yang harus ada dan dibina merupakan hal paling penting dalam sebuah organisasi saat ini. Oleh karena itu, hubungan menajer dan karyawan harus dipikirkan kembali. Menurut TQM, karyawan merupakan sosok yang ingin bertanggung jawab, ingin belajar dan melakukan perbaikan, dan ingin menampilkan apa yang ingin dicapainya, dan karenanya harus diberi perhatian besar.
fb comen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar