Selasa, 29 November 2011

apa itu ERD (Entity Relational Diagram)? cara membuat ERD,dan contoh ERD

Kali ini saya ingin menuliskan tentang apa itu ERD ?
Mungkin bagi programer atau anak IT tentunya tidak asing dengan ERD. Tapi bagi saya awalnya asing banget sebenarnya sudah dapat kan ini dari waktu saya pendidikan s1 dulu klo ga salah waktu pelajaran komputer, sistem informasi akuntasi (SIA) dan pelajaran SIM tapi saya tidak begitu memperhatikannya.

Barusan aja ini waktu di kampus saya di jelaskan ma pak wing pemilik jimatdigital.blogspot.com
Mengenai apa itu ERD. Dan ternyata ERD itu (Entity Relational Diagram).ternyata seperti diagram cara logika bahasa pemprograman kalau menurut saya. Dan saya melihat banyak sekali keunggulan jika sistem ERD ini benar benar diterapkan dengan benar, salah satunya bisa menghemat space penyimpanan karena tiap form atau tabel datanya saling berhubungan sehingga tidak perlu membuat data yang berulang –ulang .dan sangat cepat memposting nya karena tidak berulang ulang 1 data bisa diakses atau terhubung dengan berbagai data.bisa membuat laporan entah laporan keuangan atau berbagai laporan secara cepat dan tepat.


Trus gimana cara membuatnya susah tidak? Kalau belum di praktekkan gila susah banget he...kok bisa? Soalnya rumit dan butuh ketelitian dan logika. Apa semua orang bisa belajar ini?apa yang ga bisa semua bisa di pelajari di mbah google,he,,,karena ini bukan gaip sehingga ada rumus dan ilmunya
Dan tanpa panjang lebar yuk kita mulai intip gimana sih cara buat ERD (Entity Relational Diagram) dalam database. Sebelum kita membuat ERD ada baiknya kita berkenalan dulu dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ERD. Untuk membuat ERD kita memerlukan Entitas/Entity, Relasi/Relationship, dan Atribut/Attribute.

ERD adalah pemodelan data utama yang membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas. Entitas/Entity adalah suatu tempat atau objek untuk menyimpan data. Contoh: Entitas buku untuk menyimpan atribut mengenai buku (judul buku, kode buku, pengarang, dsb). Entity digambarkan dengan Persegi dalam ERD. Relasi/Relationship adalah hubungan yang terjadi antara entitas atau lebih. Contoh: Entitas buku dan Entitas Pengarang memiliki hubungan "ditulis", yang artinya, pengarang menulis buku, dan buku ditulis pengarang.

Selain itu, terdapat relasi "one to one", "one to many", dan "many to many" dalam entity. Relasi ini digambarkan dengan garis dalam ERD. Atribut/Attribute adalah ciri umum semua entitas atau semua yang ada dalam entitas. Contoh: Entitas pengarang memiliki atribut nama, alamat, no telpon, dsb. Atribut digambarkan dengan lingkaran memanjang dalam ERD tapi jarang sekali dalam ERD atribut ikut digambarkan. Atribut juga sering disebut dengan field atau kolom dalam suatu ERD.


Ada 10 langkah atau tips yang dapat saya berikan untuk membuat ERD yang baik:

Metode pembuatan ERD

Dalam membuat ERD, ada beberapa hal yang perlu kita waspadai, selain itu kita juga dituntut untuk lebih teliti dalam menentuka entity, relasi, atribut, menghindarkan terjadinya relasi "many to many" dan lain sebagainya. Untuk itu lihat beberapa langkah berikut agar kita bisa membuat ERD dengan baik

Menentukan Entity
Disini kita dituntut untuk menentukan dengan cermat sebuah entity yang ada dalam suatu proyek atau masalah. Entity berguna untuk menentukan peran, kejadian, lokasi, hal nyata dan konsep penggunaan untuk database

Menentukan Relasi
Setelah kita berhasil membuat Entity, langkah selanjutnya adalah menentukan relasi antar entity. Relasi apa yang terdapat antara Entity A dan B, apakah entity A dan B memiliki relasi "one to one", "one to many", atau "many to many".
Gambar ERD sementara
Jika sudah mengetahui Entity beserta Relasinya, sekarang kita buat dulu gambar ERD sementara. Entity digambarkan dengan persegi, relasi digambarkan dengan garis.

Isi kardinalitas

Kardinalitas menentukan jumlah kejadian satu entitas untuk sebuah kejadian pada entitas yang berhubungan. Contohnya antara Entitas Buku, Distributor dan Pengarang, kardinalitas yang ada berupa:
  1. Satu pengarang dapat menulis banyak buku
  2. Satu buku ditulis satu pengarang
  3. Banyak buku di distribusikan oleh satu distributor.
Dari sini kita bisa mengetahui harus memberi relasi apa. One to one kah?

Tentukan Primary Key (Kunci Utama)

Menentukan Primary Key pada masing-masing entity. Primary Key adalah atribut pada entity yang bersifat unik. Jadi setiap entity hanya memiliki satu Primary Key saja. Contoh: Entity Buku memiliki Primary Key bernama kode buku. Kode Buku ini bersifat unik, karena masing-masing buku memiliki kode yang berbeda-beda.

Tentukan pula Foreign Key (Kunci Tamu) pada masing-masing Entity. Foreign Key adalah Primary Key yang ada dalam Entity yang lain. Contoh pada Entity Pengarang misalnya terdapat atribut kode buku, yang mana, kode buku merupakan Primary Key dari Entity buku.

Gambar ERD berdasarkan Primary

Key Menghilangkan relasi "many to many" dan memasukkan Primary dan Foreign Key pada masing-masing entitas. Relasi many to many antar entity perlu dihilangkan dengan cara menambah atribut baru antara 2 entity yang memiliki relasi many to many.

Menentukan Atribut Jika sudah melakukan step diatas, sekarang saatnya menentukan atribut pada masing-masing Entitas. Telitilah dalam menentukan atribut. Pemetaan Atribut Apabila atribut telah ditentukan, sekarang pasang atribut dengan entitas yang sesuai.



Gambar ERD dengan Atribut

Mengatur ERD seperti langkah 6 dengan menambahkan atribut dan relasi yang ditemukan.


Periksa Hasil
Periksa lagi ERD. Apakah ERD sudah menggambarkan system yang akan dibangun? Jika belum, check kembali dari awal. Itulah beberapa tips dan langkah-langkah dalam membuat ERD yang baik. Semoga artikel

bingung dengan tulisan atau trik diatas ini saya coba dengan gambar dan langsung praktek ni contoh erd perpustakaan.
kita buat dulu garis besarnya

misalnya
1.  Anggota
 ini berisikan diaram tentang sipa saja yang akan meminjam di perpustakaan
disini anggota dari perpustakaan ditntukan berdasarkan anggota dalam dan anggota luar
hubungan anggota  dengan angotaa luar one to many artinya anggota bisa dai banyak anggota luar tetapi anggota luar hanya boleh mendaftarkan 1 identitas atau 1 nama keanggotaan, jadi 1 orang ga boleh banyak identitas anggota

sedangkan angota dalam dibagi menjadi banyak antara lain
  • staf
  • mahasiswa
  • dosen
sedangkan hubungan hubungan angota dalam  dan anggota adalah
many to one  artinya anggota bisa berasal dari banyak anggota dalam tetapi angota dalam hanya punya 1 identitas angota

dan hubungan staf,mahasiswa ,dan dosen terhadap amggota dalam adalah many to one  artinya boleh banyak staf,mahasiswa ,dan dosen yang jadi anggota tetapi mereka hanya boleh punya 1 identitas keanggotaan


2.. Transaksi (Peminjaman – Pengembalian)

3   Denda

http://dunia-remaja-sehat.blogspot.com/

4. Pegawai


5registrasi buku

 dan keseluruhannya klo di gabung menjadi
smoga artikel ini bermanfaat terimakasih

fb comen

3 komentar:

  1. mas cara gambarnya kok persegi semua , apa tidak masalah klw tidak mengunakan simbol2 ERD yg ada , sy jd sdkit puyeng membedakan antara entiti , rlasi dan atribut :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. ea saya setuju sama mas fikiwan, saya sedikit bingung membedakan antara entiti , rlasi dan atribut

    BalasHapus