Rabu, 09 November 2011

IMPLEMENTASI STRATEGI

BAB 11
manajemen pengantar,
IMPLEMENTASI STRATEGI
PENDAHULUAN
Beberapa syarat dasar yang dibutuhkan untuk keberhasilan implementasi strategi
a.  Keberhasilan implementasi strategi trgantung pada struktur organisasi.
b.  Strategi harus dilembagakan ke dalam sistem nilai,norma, dan aturan-aturan yang akan membentuk perilaku karyawan sehinggan mempermudah pencapaian tujuan organisasi.
c.  Strategi harus dapat dioperasionalkan atau diterjemahkan menjadi kebijakan2 yang spesifik, prosedur2, dan aturan2 yang akan mengarahkan perencanaan serta pembuatan keputusan dalam organisasi.

  1. MENYESUAIKAN STRUKTUR DENGAN STRATEGI
Peluang keberhasilan implementasi strategi akan lebih besar jika struktur organisasi sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.

  1. PELUANG CHANDLER
Chandler menyimpulkan bahwa struktur organisasi mengikuti dan merefleksikan strategi organisasi. Ada 3 tahap perkembangan organisasi, dari struktur unit, ke struktur fungsional, lalu ke struktur multidivisional.

  1. MODEL SEVEN-S
Ketujuh faktor konci:
1. Struktur.
2. Strategi.
3. Sistem.
4. Style.
5. Tenaga kerja.
6. Ketrampilan.
7. Sasaran puncak.

  1. MELEMBAGAKAN STRATEGI
Agar dapat melembagakan stratei, pemimpin bisnis harus mengembangkan suatu sisitem nilai2, norma2, aturan2, dan kelompok2 yang akan mendukung pencapaian tujuan organisasi.

Peran Chief Exsecutive Officer (CEO)
1.  CEO berperan dalam menginterprestasikan strategi.
2.  CEO memerintahkan, baik lewat kata2 maupun tindakan, mengenai komitmen organisasi terhadap strategi.
3.  CEO berperan untuk memotivasi dan memberikan insentif tak tampak (intangible) di luar upah dan bonus kerja.

  1. BUDAYA DAN STRATEGI
Implementasi strategi akan lebih mudah dilakukan jika budaya organsasi konsisten dengan strategi tersebut.

  1. PENGOPERASIAN STRATEGI
Perencanan operasional terbagi menjadi 2 bagian yaitu single-use plans dan standing plans.

  1. PENGGUNAAN PROSEDUR UNTUK MEMPERMUDAH IMPLEMENTASI STRATEGI
Kebijsksn dsn prosedur merupakan alat yang berguna untuk mengimplementasikan strategi dan memperoleh komitmen yang lebih besar dari karyawan organisasi.

MANAJEMEN BY OBJECTIVE (MBO)
MBO adalah seperangkat prosedur formal yang menetapkan dan meninjau kemajuan organisasi kea rah tujuan bersama untuk para manajer dan bawahan.

Tujuan MBO yaitu menjelaskan tindakan yang perlu diambil oleh seorang individu untuk mencapai strategi unot fungsional dan tujuan tahunan organisasi.

Kunci MBO adalah keterlibatan aktif manajer dan bawahan disetiap tingkat organisasi.

BERBAGAI ELEMEN DALAM SISTEM MBO
1.  Komitmen pada program.
2.  Menetapkan sasaran tingkat puncak.
3.  Sasaran individual.
4.  Partisipasi.
5.  Otonomi dalam implementasi rencana.
6.  Tinjauan prestasi kerja.

EVALUASI MBO
Stephen J. Carroll dan Henry L. Tosi memusatkan tiga hal pokok untuk mengevaluasi keberhasilan MBO yaitu penetapan sasaran yang spesifik, umpan balik atas prestasi kerja, dan partisipasi karyawan.

SISTEM BALAS JASA (REWARD)
Balas jasa dan insentif memberikan kontribusi dalam pencapaian sasaran organisasi dengan cara membentuk tingkah laku individu dan kelompok 

fb comen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar