Elemen dasar yang membentuk budaya organisasi :
Bagian formal (tampak)
ü Sasaran
ü Tegnologi
ü Kebijakan&prosedur
ü Program kerja
ü Misi&visi organisasi
ü Bangunan, dll
Bagian informal (tidak tampak)
ü Persepsi
ü Sikap
ü Perasaan
ü Asumsi dasar
ü Normal kelompok
ü Paradigma, dll
Edgar schein membagi budaya menjadi 3 elemen yaitu, artifacts(berupa struktur dan proses organisasi yang terlihat), nilai-nilai yang mendukung(berupa strategi,sasaran,dan falsafah organisasi), asumsi dasar(berupa kepercayaan,asumsi,persepsi,pemikiran dan perasaan).
Manajer mempunyai tugas khusus untuk melakukan pembentukan dan juga sosialisasi budaya perusahaan khususnya pada karyawan baru. Mereka harus senantiasa dibekali pemahaman tentang budaya organisasi supaya mereka tahu bagaimana harus bertindak dalam organisasi tempat ia berada.
Budaya organisasi akan mempengaruhi kinerja organisasi itu sendiri. Dalam mengatasi keberagaman, organisasi juga harus menetakan strategi yang juga bisa mengantisipasi keberagaman tersebut. Ada tujuh hal pengelolaan keberagaman budaya yang bisa dilakukan seorang manajer a.n. :
- mind set tentang keberagaman (masalah/kesempatam?, tantangan untuk dihadapi/sudah diatasi?)
- budaya organisasi (menghadapi perbedaan , membuat system nilai, memasukkan budaya dalam budaya organisasi)
- system MSDM (rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, promosi)
- pelibatan wanita secara lebih baik (memanfaatkan karir gandi, menghadapi pelecehan seksual, memahami konflik pekerjaan keluarga)
- keberagaman ras/etnis/kebangsaan (memhami keterkatan,komunikasi,konflik,dl;memahami konflik dalam interaksi; menghilangkan prasangka)
- masalah pendidikan (melakukan pendidikan untuk menghargai perbedaan budaya)
- beda budaya (mempromosikan pengetahuan dan penerimaan tentang beda budaya; mengambil sisi positif dari keberagaman)
fb comen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar