Rabu, 29 September 2010

tip2s sukses jualan online

Untuk sukses dalam berjualan online tidak sama caranya dengan berbisnis google adsense ataupun pay per click lainnya. Dikarenakan dalam berjualan tidak membutuhkan terlalu banyak pengunjung, tetapi yang diperlukan ialah memaksimalkan berapa pun pengunjungnya itu entah sedikit ato banyak, untuk membeli produk yang kita jual. Kalo dalam Pay Per Click (PPC) macam google adsense dan lain-lain, semakin banyak pengunjungnya, saya yakin akan semakin banyak pula yang kemungkinan mengeklik iklan yang kita pasang di blog kita. Saya punya beberapa tips bagi yang sedang berjualan di internet. Apa saja itu ? Yuk mari kita simak satu per satu

1. Buat tampilan toko online tersebut menarik dan juga membuat orang percaya jika belanja di toko online anda, barang yang mereka beli akan sampai ke tangan mereka.

2. Buatlah rekening bank yang kemungkinan banyak nasabahnya. Biasanya pembeli malas menstransfer jika akun bank yang mereka miliki berbeda dengan akun bank yang ada dalam toko online anda. Percaya atau tidak :D tapi itulah yang sering banyak orang alami.

3. Gunakan kontak yang jelas meliputi Yahoo Messenger (ataupun layanan chatting online lainnya), no telpon, dan juga alamat dimana anda bisa dihubungi.

4. Layani semua pertanyaan entah itu dari yang serius mau beli ataupun tidak mau beli, secara ramah, cepat dan jelas.

5. Sediakan kotak testimonial atau tempat berkomentar dari para pembeli yang sudah menerima barang yang mereka beli dari toko online anda. Ini diperlukan agar para pembeli baru, percaya kepada anda, bahwa benar-benar toko anda mengirimkan barang-barang yang orang-orang beli di toko anda. Tidak dipungkiri, pertanyaan para pembeli apakah toko online yang kita miliki benar-benar akan mengirim barangnya atau tidak, seringkali dipertanyakan. Hal ini dikarenakan banyaknya penipuan secara online :) .

6. Sebisa mungkin jangan pernah kecewakan pembeli.

7. Datangkan pengunjung yang benar-benar sesuai dengan toko online anda. Jangan asal-asalan datangkan pengunjung, karena banyak pengunjung tapi kalo tingkat pembeliannya rendah percuma saja :D . Malah yang ada anda membuang-buang bandwith hosting anda. Nah untuk mendatangkan pengunjung ini diperlukan ilmu seo :D .

8. Jika seo tidak mampu, alternatif lainnya adalah dengan memasang iklan. Entah itu melalui adwords, ataupun pasang iklan banner di situs-situs yang banyak pengunjungnya. Tapi ini juga perlu diingat, bahwa pasang iklanpun jangan asal. Harus benar-benar disesuaikan dengan apa yang kita jual. Kita ga mungkin memasang iklan di situs Download mp3 sementara yang kita jual adalah baju dan pakaian :D .

Nah mungkin postingan kali ini hanya membagikan 8 tips sukses berjualan di internet :D . Kalo kurang silakan ditambah aja, kalo ada yang salah dan anda tidak setuju tolong dibenarkan. Semoga sukses ;)

pengkianatan yang sakit

Luka di jari tersa sakit hanya beberapa hari sampai dia menutup lagi dengan meninggalkan bekas, dan luka di hati tidak pernah terlihat tetapi begitu pedih, perih dan sakitnya terasa sangat lama. Itulah yang terjadi ketika hubungan kita dikhianati, terasa semua pengorbanan sia-sia, segala kebaikan tidak ada artinya sekarang tinggal menjadi sampah yang terbuang.

Cinta tidak pernah salah dan sebaiknya tidak menyalahkan cinta atas penghianatan ini, mencintai haya memberi dan tanpa mengharapkan balasan, seningga tidak pernah merasa rugi jika didasari ketulusan seperti kita memberi bantuan kepada orang dan orang itu lupa dan pura-pura nggak ingat kepada kita. Seperi tuhan mencintai kita tanpa mengharapkan balasan, bilamana kita lupa beliau akan menerima kita saat kita bertobat dan kembali padanya.

Cinta adalah jembatan yang menghubugkan dua dunia hati yang berbeda, cinta hanyalah perantara keinginan mengikat hati dalam sebuah hubungan dengan keinginan saling menyayangi, menghormati kekurangan dan kelebihan masing-masing, saling memperhatikan satu sama lain dan saling menjaga

peluang usaha bisnis maya

Kebanyakan dari kita mengenal bisnis internet itu hanya dengan bermain google adsense, dan juga beberapa progam ppc lainnya atau paid review dan lain-lain. Sebenarnya google adsense hanyalah 1 dari 10.000 peluang bisnis yang ada di internet. Meskipun tidak dipungkiri, saya dulu juga berpikiran seperti itu :D . Cuma pikiran saya berubah total setelah dapat surat talak dari google adsense, saat itulah saya mulai berpikir mencari sumber-sumber penghasilan lainnya meskipun masih mencari dollar juga dari adsense :D . Beberapa bisnis internet selain google adsense yang berhasil menerima pembayaran adalah pembayaran pertama dari infolinks, berburu dollar dari skycpm, promoteburner , dan beberapa penghasilan bisnis lokalan mulai dari jualan link, banner dan lain-lain yang tidak perlu disebutkan :D .

Coba teman-teman sekalian aktif dibeberapa forum, disana mungkin teman-teman semua bakalan punya ide-ide bisnis yang tentunya tidak perlu ada surat talak atau banned lagi :)) . Jadi kita menjadi owner dari bisnis ini, servis dari anda-lah yang menentukan sukses tidaknya dalam bisnis ini. Mari kita coba bermain-main dan berkunjung ke beberapa forum :

1. http://www.adsense-id.com/forums/forumdisplay.php/107-Trade

coba anda main-main kesana, liat apa saja yang dijual oleh kawan-kawan kita sesama pebisnis online. Mulai dari jual beli paypal, jual beli konten, jual beli domain ber-PR, jual beli vcc, jual beli link di blogroll, jual beli website dan masih banyak yang lainnya. Coba saja anda gelar lapak disitu yang sekiranya anda memiliki kemampuan disalah satu bidang. Misalnya saja blog anda PR 3, jual saja linknya per tahun umpama 10 dollar, dengan maksimal pembeli link 10 orang saja. Kalikan saja 10 dollar X 10 pembeli. Apa tidak sama dengan 100 dollar juga ?? Belom juga jual beli konten, bagi para pemain paid review yang malas atau pemilik blog yang terlalu sibuk, biasanya mereka lebih memilih membeli konten daripada ngisi sendiri. 1 artikel rata-rata dihargai 1 dollar. Kalo saya sih biasanya belinya 10 artikel-an :D . Nah bisa dihitungkan keuntungan yang bisa anda dapatkan ??

2. http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=25

Nah sedangkan di Kaskus yang katanya forum online terbesar di Indonesia, anda juga bisa memasarkan produk anda tuh disana :D . Misalnya saja anda punya dagangan baju, kaos, sandal, sepatu, mobil bekas (kalo anda makelar mobil) atau barang apa saja yang nyata bentuknya, coba aja pasarkan disana :D . Sapa tahu dapat pembeli dari sana.

Yang jelas peluang bisnis di internet sangat amat terbuka lebar dan juga peluangnya sangat besar. Coba tiru saja orang-orang yang sudah sukses berjualan produknya sendiri di 2 forum itu dulu aja :D . Apa yang mereka tawarkan, apa yang menjadikan produk mereka terbeli, bagaimana respon pembelinya, dan bagaimana cara mereka meyakinkan pembeli serta servisnya terhadap para pembeli mereka. Mungkin itu saja dulu ulasan tentang beberapa peluang di internet. Bukan di 2 forum itu saja kita bisa ngambil pelajaran, tapi masih banyak forum-forum lainnya yang bisa kita pelajari untuk membangun sebuah bisnis di internet :D . Selamat mencari ide-ide bisnis internet :D

Kamis, 09 September 2010

jika indonesia perang dengan malaysia







Saya selalu mikir kenapa pemerintah Indonesia kayaknya adem ayem aja menanggapi provokasi Malaysia, Ternyata setelah Googling ke sana kemari terungkap fakta kalau memang Indonesia ga level buat menghadapi Malaysia…wuuuss sabar Gan, ga level disini maksudnya biar saya jelaskan dengan data temuan saya OK.
data dari cia factbook

Dari data diatas udah ketahuan kan?jika seluruh tentara Indonesia berangkat ke Malaysia sana bisa-bisa yang ada Tentara Malaysia dibantai tentara Indonesia

Nah ini ada yang lebih keren lagi, silahkan simak di GlobalFirePower, situs yang melakukan peringkat kekuatan militer negara-negara dunia, dan liatlah 20 kekuatan militer dunia




ini daftar budget pertahanan



.Trus ada nih Malay yang coment di forum sebelah katanya sebelum tentara Indonesia mau nyebrang sudah ditenggelamin sama angkatan laut Malaysia…n kita liat fakta lagi



Simulasi Perang Indonesia/Malaysia Dengan Malaysia/Singapura, Kekuatan Militer Di Kep. Spratley,dan Scenario Planning

Simulasi Perang Indonesia/ Malaysia Dengan Malaysia/Singapura, Kekuatan Militer Malaysia Di Kep. Spratley,dan Scenario Planning

dump01268539

Harapan kita tentunya perang ini tak akan pernah terjadi, namun, let’s hope for the best, prepare for the worst. Di bawah ini beberapa scene dari simulasi yang saya buat di Jane’s Fleet Command yang sudah saya rombak sehingga bisa mensimulasikan Indonesia & negara-negara di sekitarnya, termasuk Singapura, Malaysia. Dalam gambar-gambar di bawah ini, saya membuat simulasi dimana Indonesia & Malaysia berada di satu pihak (kawan), dan Singapura diposisikan sebagai lawan.

Hasil akhir, tidak disangka kita cukup bisa berbicara. Kapal selam diesel elektrik kita berperan besar melumpuhkan armada lawan. Sebagai bayarannya, banyak kapal permukaan kita yang tumbang dihajar Harpoon yg diluncurkan dari kapal permukaan Singapura maupun dari F-16C/D nya yang berkemampuan anti kapal permukaan. Pesawat-pesawat udara kita juga banyak yg harus jadi korban.

dump00197702

dump01143964

dump00458114

dump01090551

dump01143964

dump01268539

Sumber :

http://www.tandef.net/simulasi-perang-indonesiamalaysia-vs-singapura

Jika Terjadi Perang Indonesia VS Malaysia

Saya selalu mikir kenapa pemerintah Indonesia kayaknya adem ayem aja menanggapi provokasi Malaysia Ternyata setelah Googling ke sana kemari terungkap fakta kalau memang Indonesia ga level buat menghadapi Malaysia…wuuuss sabar Gan, ga level disini maksudnya biar saya jelaskan dengan data temuan saya OK.

Data dari CIA Factbook

dan

Dari data diatas udah ketahuan kan?jika seluruh tentara Indonesia berangkat ke Malaysia sana bisa-bisa yang ada Tentara Malaysia dibantai tentara Indonesia

Nah ini ada yang lebih keren lagi, silahkan simak di GlobalFirePower, situs yang melakukan peringkat kekuatan militer negara-negara dunia, dan liatlah 20 kekuatan militer dunia.

Ehmm si Malay Jablay dimana ya???

Trus dibawah ini daftar budget anggaran pertahanan

Si Malay Jablay kemana lagee ya??

Trus ada nih Malay yang coment di forum sebelah katanya sebelum tentara Indonesia mau nyebrang sudah ditenggelamin sama angkatan laut Malaysia…n kita liat fakta lagi

Dan satu ini berasal dari situs www.nationmaster.com



kekuatan militer negara-negara



perbandingan kekuatan militer indonesia vs malaysia






mencoba mencari link yang mengarahkan pada analisa kekuatan militer antara dua negara yakni Indonesia. akhirnya saya menemukan link berikut dengan mencoba menelaah kedua peta kekuatan militer 2 negara tersebut

cara membaca tabel adalah

TOT Qual (total gaya kualitas) adalah sebagian kecil dari yang mentah (teoritis) kekuatan tempur harus dikalikan untuk menjelaskan kepemimpinan yang tidak sempurna, komponen gaya kualitas, dukungan, pelatihan dan lain-lain “lunak” faktor. Think of it as an efficiency rating, with “100″ being perfect and “55″ being a more common 55 percent efficiency. Menganggapnya sebagai rating efisiensi, dengan “100″ menjadi sempurna dan “55″ menjadi 55 persen lebih umum efisiensi.

TOT POP (population in millions) indicates the nation’s relative military manpower resources. TOT POP (penduduk dalam jutaan) menunjukkan bangsa militer relatif sumber daya tenaga kerja. Population is also a more meaningful indicator of a nation’s size than territory. Penduduknya juga yang lebih bermakna indikator ukuran suatu bangsa dari wilayah. By our count, the world population is 6.6 billion. Kami menghitung, populasi dunia 6.6 miliar.

GDP (Gross Domestic Product, in billions of dollars) is a rough gage of the nation’s economic power. PDB (Produk Domestik Bruto, dalam miliaran dolar) adalah gage kasar dari kekuatan ekonomi bangsa. This does not translate immediately into military power because of the time needed to convert industry from civilian to military production. Hal ini tidak menerjemahkan langsung menjadi kekuatan militer karena waktu yang dibutuhkan untuk industri mengkonversi dari sipil produksi militer. Mobilization of some types of military equipment takes years. Mobilisasi dari beberapa jenis peralatan militer waktu bertahun-tahun. Other types of weapons, especially those using electronics, can be brought to bear in months. Senjata jenis lain, terutama mereka yang menggunakan elektronik, dapat dibawa ke beruang di bulan. By our count, the world GDP is $57.7 trillion (thousand billion). Kami menghitung, PDB dunia adalah $ 57.7 triliun (seribu miliar).

ACT MEN (active military manpower in thousands) is the total uniformed, paid manpower organized into combat and support units. ACT PRIA (tenaga militer aktif dalam ribuan) adalah total berseragam, membayar tenaga kerja disusun dalam pertempuran dan dukungan unit. Because of the widely varying systems of organizing military manpower, this figure is at best a good indicator of the personnel devoted to the military. Karena sistem beragam luas pengorganisasian tenaga kerja militer, angka ini paling-paling indikator yang baik dari yang disediakan untuk personil militer. Industrialized nations hire many civilians to perform support duties, while other nations flesh out skeleton units with ill-prepared reserves, uncertain effect on wartime strength. Negara-negara industri mempekerjakan banyak warga sipil untuk melakukan tugas-tugas dukungan, sementara negara-negara lain menyempurnakan kerangka unit dengan cadangan tidak siap, tidak yakin efek pada kekuatan perang. The use of reserve troops varies considerably. Penggunaan pasukan cadangan bervariasi. By our count, the world total of active troops is 20.6 million. Kami menghitung, dunia total pasukan aktif adalah 20.6 juta.

MIL BUD (Military Budget in millions of dollars) is the current annual armed forces spending of that nation. MIL BUD (Anggaran Militer dalam jutaan dolar) adalah angkatan bersenjata pengeluaran tahunan dari bangsa. All nations use somewhat different accounting systems for defense spending. Semua bangsa menggunakan sistem akuntansi yang agak berbeda untuk belanja pertahanan. Efforts are made to eliminate some of the more gross attempts at hiding arms expenditures. Upaya yang dilakukan untuk menghilangkan beberapa upaya yang lebih kotor lengan menyembunyikan pengeluaran. Some of the figures, particularly for smaller nations, may be off by 10 percent either way. Beberapa tokoh, terutama untuk negara-negara yang lebih kecil, mungkin tidak aktif sebesar 10 persen either way. By our count, the world defense spending is $1.35 trillion (2.34 percent of GDP). Kami menghitung, anggaran pertahanan dunia adalah $ 1.35 triliun (2,34 persen dari PDB).

BUD MAN is the annual cost per man for armed forces in thousands of dollars. BUD MAN adalah biaya tahunan per orang untuk angkatan bersenjata dalam ribuan dolar. This is an excellent indicator of the quantity and, to a lesser extent, the quality of weapons and equipment. Ini adalah indikator yang sangat baik kuantitas dan, pada tingkat yang lebih rendah, kualitas senjata dan peralatan. Some adjustments should be made for different levels of personnel costs, research and development, strategic weapons and waste. Beberapa penyesuaian harus dibuat untuk berbagai tingkat biaya personil, penelitian dan pengembangan, senjata strategis dan pemborosan. The United States, in particular, is prone to all four afflictions. Amerika Serikat, khususnya, rentan terhadap keempat penderitaan. The precise adjustments for these factors are highly debatable. Penyesuaian yang tepat untuk faktor-faktor ini sangat bisa diperdebatkan. One possible adjustment would be to cut the US cost per man by at least one third. Satu kemungkinan penyesuaian akan memotong biaya AS per orang oleh setidaknya sepertiga. Other nations with strategic programs and large R&D establishments (Russia, Britain, France, China, etc.) should be adjusted with deductions of no more than 15 percent. Negara lain dengan program-program strategis dan besar R & D Pendirian (Rusia, Britania Raya, Perancis, Cina, dll) harus disesuaikan dengan pengurangan tidak lebih dari 15 persen. Britain could also take another 5 or 10 percent cut because of its all-volunteer forces higher payroll. Britain bisa juga mengambil lagi 5 atau 10 persen memotong karena semua-pasukan relawan gaji yang lebih tinggi. Most nations are willing to pay for a volunteer force, if they can afford it. Kebanyakan negara-negara yang bersedia membayar untuk sebuah kekuatan sukarelawan, jika mereka mampu membelinya. That’s because volunteers tend to be more effective. Itu karena sukarelawan cenderung lebih efektif. At the other extreme, many nations produce a credible defense force using far less wealth. Pada ekstrem yang lain, banyak negara menghasilkan kekuatan pertahanan yang kredibel menggunakan jauh lebih sedikit kekayaan. Low paid conscripts, good leadership and the sheer need to improvise enables many of these poorer nations to overcome their low budgets. Dibayar rendah wajib militer, kepemimpinan yang baik dan rasa perlu untuk berimprovisasi memungkinkan banyak dari negara-negara miskin untuk mengatasi anggaran yang rendah. However, most nations end up getting what they pay for. Namun, sebagian besar bangsa akhirnya mendapatkan apa yang mereka bayar.

AFV (Armored Fighting Vehicles) These include tanks, armored personnel carriers and most other armored combat and support vehicles. AFV (Armored Fighting Vehicles) ini meliputi tank, pengangkut personel lapis baja dan sebagian besar lainnya tempur lapis baja dan dukungan kendaraan. AFV are the primary components of a ground offensive, and greatly enhance chances of success. AFV merupakan komponen utama dari serangan darat, dan sangat meningkatkan peluang keberhasilan.

AIRCRAFT CMBT are the number of combat aircraft available, including helicopter gunships and armed maritime patrol aircraft. AIRCRAFT CMBT adalah jumlah pesawat tempur yang tersedia, termasuk helikopter tempur dan pesawat patroli maritim bersenjata. This, like AFV, is a good indicator of raw power. Ini, seperti AFV, adalah indikator yang baik kekuasaan mentah. The quality of the aircraft, their pilots, ground crew and leadership, air force are the most important factors in the air power’s overall value. Kualitas pesawat terbang, pilot mereka, awak darat dan kepemimpinan, angkatan udara merupakan faktor yang paling penting dalam kekuatan udara nilai keseluruhan.

The Total Quality is calculated by assigning 0 (lowest) to 9 (highest) values for the following components of combat capability. Total Quality dihitung dengan menetapkan 0 (terendah) sampai 9 (tertinggi) nilai untuk komponen-komponen berikut kemampuan tempur.

Ldrs is leadership. Ldrs adalah kepemimpinan. The quality of officers and NCOs. Kualitas perwira dan bintara.

Eqp is equipment. Eqp adalah peralatan. The quantity and quality of military equipment. Kuantitas dan kualitas peralatan militer.

Exp is experience. Exp adalah pengalaman. Not just combat experience, but the quality of training. Bukan hanya pengalaman tempur, tapi kualitas pelatihan.

Spt is support. Spt adalah dukungan. This is logistics, the ability to get military supplies to the troops. Ini adalah logistik, kemampuan untuk mendapatkan perlengkapan militer kepada pasukan.

Mob is mobilization. Mob adalah mobilisasi. The ability to mobilize the national resources for combat. Kemampuan untuk memobilisasi sumber daya nasional untuk pertempuran.

Trad is tradition. Trad adalah tradisi. Military tradition, good military habits, based on practical experience. Militer tradisi, kebiasaan militer yang baik, berdasarkan pengalaman praktis.







mau cari duit dengna on line,pasive in come yo gabung di klik disini atau gambar di atas

Simulasi Perang Indonesia/Malaysia Dengan Malaysia/Singapura, Kekuatan Militer Di Kep. Spratley,dan Scenario PlanningSimulasi Perang Indonesia/ Malay








Harapan kita tentunya perang ini tak akan pernah terjadi, namun, let’s hope for the best, prepare for the worst. Di bawah ini beberapa scene dari simulasi yang saya buat di Jane’s Fleet Command yang sudah saya rombak sehingga bisa mensimulasikan Indonesia & negara-negara di sekitarnya, termasuk Singapura, Malaysia. Dalam gambar-gambar di bawah ini, saya membuat simulasi dimana Indonesia & Malaysia berada di satu pihak (kawan), dan Singapura diposisikan sebagai lawan.

Hasil akhir, tidak disangka kita cukup bisa berbicara. Kapal selam diesel elektrik kita berperan besar melumpuhkan armada lawan. Sebagai bayarannya, banyak kapal permukaan kita yang tumbang dihajar Harpoon yg diluncurkan dari kapal permukaan Singapura maupun dari F-16C/D nya yang berkemampuan anti kapal permukaan. Pesawat-pesawat udara kita juga banyak yg harus jadi korban.

Hasil akhir, tidak disangka kita cukup bisa berbicara. Kapal selam diesel elektrik kita berperan besar melumpuhkan armada lawan. Sebagai bayarannya, banyak kapal permukaan kita yang tumbang dihajar Harpoon yg diluncurkan dari kapal permukaan Singapura maupun dari F-16C/D nya yang berkemampuan anti kapal permukaan. Pesawat-pesawat udara kita juga banyak yg harus jadi korban

"PERANG AMBALAT" KITA BISA KALAH!!



Perang Ambalat? Kita Bisa Kalah!

Andi Widjajanto; Pengajar Perang dan Damai FISIP-UI, Jakarta
PENGERAHAN Angkatan Tentera Malaysia di Blok Ambalat, Laut Sulawesi, tidak dapat dilepaskan dari program pembangunan pertahanan Malaysia yang
telah berlangsung sejak awal 1990. Persiapan strategis Malaysia untuk
menggelar pasukannya merupakan wujud keberhasilan program Sixth Malaysia
Plan (1990-1995) saat Malaysia mengalokasikan US$2,4 miliar untuk
pemenuhan kebutuhan pertahanan. Pengeluaran belanja militer di periode ini meliputi pembelian 8 F/A-18 Hornet serta 18 MiG-29 Fulcrum. Di
periode ini, Malaysia juga membelanjakan US$159 juta untuk pembelian
radar pertahanan udara serta pembangunan fasilitas-fasilitas Angkatan Laut.

Program tersebut dilanjutkan dalam Seventh Malaysia Plan (1996-2000).
Program lanjutan ini diarahkan untuk mengubah titik berat strategi
pertahanan Malaysia dari counter-guerellia dan counter-insurgency ke arah pembentukan Tentera Malaysia modern. Hal ini ditandai dengan
transformasi AD Malaysia menjadi Rapid Deployment Force (RDF) yang dilengkapi dengan
peralatan tempur darat, seperti 300 tank tempur utama (T-72, T90, dan
T-80 (Rusia); Mk3M (Inggris) Leopard IA5 (Jerman), dan K1A1 (Korea
Selatan). Untuk mendukung pembentukan RDF, Tentera Udara Diraja Malaysia
diperkuat dengan pembelian sistem pertahanan rudal,

30 helikopter tempur, 16-18 pesawat tempur baru seperti F/A-18E/F
Super
Hornet, atau Su-30MKM dan MiG-29MRCA. Tentera Laut Diraja Malaysia juga
sedang berbenah dengan rencana pembelian senilai US$2,2 miliar untuk 27
kapal perang beragam jenis untuk melengkapi 56 kapal perang yang saat ini
telah dimiliki Malaysia. Malaysia juga sedang membangun 15 pangkalan laut
baru. Pangkalan terbesar yang akan dibangun berada di Teluk Sepanggar (25
km dari Kota Kinibalu, Sabah) yang akan berfungsi sebagai Markas Komando
Armada Timur Tentera Laut Diraja Malaysia.

Pembangunan pertahanan Malaysia tersebut akhirnya memungkinkan Malaysia
untuk menjalankan skenario war-game fiktif sebagai berikut: pada 3
September 2005, Malaysia menyerang Indonesia dengan satu tujuan utama
menguasai dan mengendalikan seluruh pulau yang ada di Blok Ambalat.
Serangan ini dilakukan dengan cara merebut dan menduduki pangkalan aju,
dan melakukan serangan udara terbatas atas kompartemen-kompartemen TNI
strategis di Kalimantan Timur. Untuk melakukan serangan ini, Tentera Laut
Diraja Malaysia akan melakukan operasi laut gabungan yang akan dilakukan
oleh Armada Laut II yang berpusat di Teluk Sepanggar.

Operasi laut gabungan ini akan disusul dengan operasi pendaratan pantai
serta operasi amfibi dengan kekuatan 2 brigade pendarat yang terdiri dari 7.200 personel. Kekuatan 2 brigade ini akan berasal dari Komando Wilayah
Timur Tentera Darat Diraja Malaysia yang memiliki total kekuatan 1 divisi
Tentera Darat. Komando Wilayah Timur ini bertugas untuk mempertahankan Sabah, Serawak, dan Wilayah Federal Labuan. Operasi amfibi ini
didukung oleh operasi lintas udara dengan kekuatan 1 brigade Linud yang terdiri dari 2.400 personel. Operasi lintas udara ini akan mendapat dukungan
> udara dari Skuadron 5, 7, dan 8 yang berkedudukan di Labuan,
Sabah, serta Kuching, Sarawak. Skuadron 5,7, dan 8 mengandalkan 3 skuadron pesawat Hawk yang dapat saja didukung oleh kekuatan 2 skuadron
MiG-29 dan 2 skuadron F/A-18 dari Skuadron 6 (Kuantan) dan Skuadron 9 (Kuantan).

Untuk menangkal serangan ini, TNI melakukan pre-emptive strike dengan mengerahkan tiga kekuatan pemukul dalam suatu operasi militer
gabungan.
Operasi ini bertujuan untuk menghancurkan kuatan militer Malaysia di basisnya. Kekuatan pertama adalah kekuatan udara dari Koopsau I yang
terdiri dari 1 Skuadron Pekan Baru, 1 Skuadron Halim, dan Paskhasau.
Kekuatan kedua adalah kekuatan laut Armada Timur (Surabaya) yang dapat
mengerahkan 2 kapal selam (SSK 2 Cakra), dan 10 frigates (7 FFG 10 dan 3 FF 7), dan 12.000 pasukan marinir. Kekuatan ketiga adalah satuan pasukan
khusus Angkatan Darat yang terdiri dari 2 grup Kopassus dan 1 divisi tempur Kostrad.

Jika pre-emptive strike di daerah penyangga (Zona I) ini gagal, maka TNI akan menggelar operasi laut gabungan dengan tiga tujuan yaitu (1)
menghancurkan kekuatan militer musuh dalam perjalanan, termasuk yang ada di pangkalan aju; mengendalikan laut teritorial di Blok Ambalat dan 3)
mencegah kekuatan militer musuh masuk ke wilayah darat Indonesia.
Operasi laut gabungan di Zona II (daerah pertahanan utama) ini juga harus dapat
menangkal serangan-serangan rudal Malaysia ke lokasi-lokasi strategis di Indonesia. Operasi di Zona II ini akan mengandalkan 40% dari 111 KRI
yang layak layar dari berbagai jenis.

Kegagalan operasi laut gabungan di Zona II akan memaksa Indonesia untuk
melakukan operasi matra darat di Zona III (daerah perlawanan) yang terutama terdiri dari operasi pertahanan pantai, operasi darat gabungan, operasi pertahanan wilayah, serta operasi pertahanan antiserbuan linud.
Tujuan dari operasi Zona III ini adalah untuk menghancurkan dan melemparkan kekuatan militer musuh ke luar wilayah RI. Untuk dapat melakukan operasi matra darat di Zona III, Indonesia harus memiliki kekuatan perlawanan darat yang signifikan di pulau-pulau yang ada di Blok Ambalat.

War Game di atas, walaupun bersifat fiktif, menunjukkan adanya beberapa kelemahan dari strategi pertahanan Indonesia. Tulisan ini tidak
bermaksud untuk menjabarkan seluruh kelemahan tersebut, namun hanya akan membeberkan beberapa kelemahan yang terkait dengan gelar postur pertahanan Indonesia.

Kelemahan pertama adalah pola pembagian Zona Pertahanan I (Penyangga), II
(Pertahanan Utama) dan III (Perlawanan) yang dikenal selama ini tidak dapat diaplikasikan terutama karena TNI tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menggelar operasi militer di Zona I (di luar ZEE hingga wilayah musuh) dan Zona II (di perairan teritorial Indonesia). War Game di atas jelas menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan kemampuan militer modern seperti long and middle range strike bombers, aircraft carriers, large-scale and long-range amphibious assault, dan medium range attack submarines yang dibutuhkan untuk menggelar operasi militer gabungan di Zona I.

Kemampuan yang menjadi kunci modernisasi pertahanan negara-negara di Asia Timur untuk dekade 2000-2010 tersebut saat ini tidak dimiliki dan belum dirancang dimiliki oleh Koopsau I-II maupun Armada Barat dan Timur.

Kelemahan kedua adalah gelar postur pertahanan Indonesia saat ini tidak disertai dengan pembagian kompartemen wilayah pertahanan yang emadukan
kekuatan integratif AD, AL, AU. Kompartemen-kompartemen wilayah pertahanan ini dapat ibentuk dengan satu pertimbangan utama yaitu
menangkal kemungkinan serangan dari luar. Dengan demikian, untuk menangkal negara-negara di kawasan Asia Timur-Tenggara, Indonesia membutuhkan minimal 4 kompartemen wilayah pertahanan. Kompartemen tersebut secara geostrategis terbentuk karena Indonesia memiliki 3
alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) yang embelah Indonesia menjadi 4 kompartemen, yaitu partemen I Sumatra yang terbentuk oleh ALKI Laut China Selatan-Selat Malaka-Selat Sunda, Kompartemen II
Kalimantan yang terbentuk oleh ALKI Laut Sulawesi-Selat Lombok,Kompartemen III Sulawesi-Nusa Tenggara yang terbentuk oleh ALKI Laut
Arafuru-Celah Timor, dan Kompartemen IV Maluku-Papua yang berada di sebelah timur ALKI Laut Arafuru-Celah Timor.

Dua kelemahan tersebut mengarahkan kita untuk mengambil kesimpulan bahwa perlu dilakukan modifikasi gelar postur pertahanan Indonesia terutama karena sistem ini tidak sesuai dengan strategi pertahanan negara yang telah embangkan. Modifikasi ini perlu segera dilakukan berdasarkan
kaji ulang strategi pertahanan negara yang saat ini sedang dilakukan oleh Departemen Pertahanan. Kasus Blok Ambalat menunjukkan bahwa tuntutan
UU 34/2004 tentang gelar TNI perlu segera ujudkan. Tuntutan tersebut adalah lakukan modifikasi gelar pertahanan sehingga kekuatan TNI terfokus
digelar di daerah konflik, perbatasan, wilayah terpencil, serta pulau-pulau paling luar.***

Dubes Rusdihardjo Beberkan Kekuatan Militer Malaysia


Jakarta, 23 Maret 2005 17:06
Rapat dengar pendapat Komisi I DPR dengan Rusdihardjo dinyatakan tertutup dari wartawan karena Dubes RI untuk Malaysia itu akan membeberkan manuver dan pengerahan kekuatan militer Malaysia, terkait dengan kasus sengketa blok Ambalat antara RI dan Malaysia.

"Kami akan menjelaskan kekuatan-kekuatan di Malaysia dan deployment militer di sana. Tapi kami minta pertemuan ini tertutup," kata Rusdihardjo dalam raker yang dipimpin Ketua Komisi I DPR Theo L. Sambuaga itu di DPR, Rabu.

Theo lalu meminta para wartawan dan kamerawan yang mengikuti sidang sejak pukul 10.00 WIB itu keluar dari ruangan rapat Komisi I DPR pada pukul 14.00 WIB.

Rapat kerja itu sebelumnya membahas berbagai isu aktual seperti soal permintaan maaf Dubes Rusdihardjo kepada Pemerintah Malaysia sehubungan dengan pembakaran bendera Malaysia yang dilakukan oleh demonstran di Indonesia.

Permintaan maaf itu dikecam oleh sejumlah anggota Komisi I DPR seperti Slamet Efendy Yusuf dari FPG. Menurut Yusuf, Dubes tak perlu meminta maaf karena protes dengan membakar bendera itu merupakan hal yang wajar dalam suatu situasi konflik saat ini.

Rusdihardjo menanggapi pernyataan anggota Komisi I itu dengan mengatakan bahwa pernyataan maaf itu berguna untuk melindungi warga Indonesia yang masih ada di Malaysia. "Dengan cara itu kami melindungi warga RI dari kemarahan warga Malaysia," katanya.

Isu TKI di Malaysia juga menjadi pembiacaraan menonjol yang mendominasi raker tersebut. Dubes Rusdihardjo mengatakan bahwa di Malaysia memang ada sindikasi yang merugikan para TKI di Malaysia. Diakatakan bahwa para TKI sering harus bekerja selama lima bulan tanpa digaji. "Itu karena mereka harus membayar sindikat. TKI baru dibayar setelah lebih dari lima bulan bekerja," katanya.

Bagi TKI yang bekerja di sektor prostitusi, kata Rusdihardjo, para cukong sindikat itu tidak membayar TKW Indonesia sampai yang bersangkutan melayani 200 pria. "setelah melayani 200 laki-laki, mereka baru dibayar," kata Dubes.

Rusdihardjo mengatakan bahwa sindikat TKW Indonesia di Malaysia bukan hanya melukai para TKW dengan kasus-kasus pemerkosaan. "Setelah diperkosa, mereka dipelihara saat hamil. Setelah itu anak yang dilahirkan diperjualbelikan," katanya. [TMA, Ant]

Perimbangan Kekuatan Indonesia-Malaysia



Perang mungkin tidak, tapi saling klaim kepemilikan sepenggal wilayah di Laut Sulawesi telah memanaskan hubungan Indonesia dan Malaysia. Pesawat tempur dan kapal perang kedua negara bertukar kata di ladang eksplorasi minyak itu. Inilah gambaran sebagian kekuatan militer kedua negara:


MALAYSIA

Militer Negeri Jiran itu bernama Tentara Diraja Malaysia. Pada awal pembentukannya, peralatan militer buatan Inggris banyak dipakai negara ini. Kini mereka menggunakan peralatan dari sejumlah negara, termasuk pesawat buatan Indonesia.


Kapal Perang

- Satu kapal penyelam dilengkapi meriam 20 mm
- Dua kapal cepat pengangkut pasukan
- Empat kapal patroli buatan Prancis ber-rudal Exocet MM38 dan meriam Bofors
- 24 kapal perang yang berpangkalan di empat tempat: Lumut, Sandakan Sabah, Kuantan, dan Labuan. KD Kerambit yang berada di sekitar Ambalat merupakan salah satu kapan yang berpangkalan di Sandakan, Sabah.
- Dua kapal patroli buatan Korea Selatan yang dilengkapi meriam 100 mm Creusot Loire, 30 mm Emerlac, dan senjata penangkis antikapal selam. Kapal ini berpangkalan di Kuantan/
- Empat kapal buatan Swedia dilengkapi rudal MM38 Exocet, 57 mm Bofors, dan 40 mm Bofors berpangkalan.
- Empat kapal Frigate, dua di antaranya dibeli bekas dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris.
- Enam kapal Corvette buatan Jerman
- Empat kapal patroli penangkis ranjau buatan Italia
- Dua kapal Multi Purpose Command and Support Ship buatan Jerman dan Korea Selatan
- Satu kapal Sealift
- Dua kapal Hydro


Pesawat Tempur
- F-5 E
- Hawk MK108 berpangkalan di Alor Setar, Kuantan, dan Labuan
- Hawk MK-208 berpangkalan di Alor Setar, Kuantan, dan Labuan
- Delapan F/A-18D berpangkalan di Alor Setar
- Mig-29 berpangkalan di Kuantan
- SU-30 berpangkalan di Kuantan
- F-28 berpangkalan di Kuala Lumpur
- Falcon berpangkalan di Kuala Lumpur
- Beech 200T berpangkalan di Kuala Lumpur
- C-130H berpangkalan di Kuala Lumpur
- CN-235 berpangkalan di Kuala Lumpur
- S61A-4 berpangkalan di Kuala Lumpur, Kuching, dan Labuan
- AS61N-1 berpangkalan di Kuala Lumpur
- S70A-34 berpangkalan di Kuala Lumpur

Personel
- Jumlah prajurit semua angkatan: 196.042 (2002)
- Anggaran militer per tahun: US1,69 triliun (2,03 persen GDP)



INDONESIA

Embargo pembelian peralatan militer dari Amerika membuat rontok sejumlah peralatan militer Indonesia. Pesawat tempur terbaru, Sukhoi SU-27 SK dan SU-30 MK buatan Rusia, pun masih ompong tak punya senjata. Adapun dari 12 pesawat tempur "andalan", F-16, dua di antaranya sudah jatuh dan hanya delapan siap terbang.

Pesawat dan Heli
- Delapan Hawk MK 109 berpangkalan di Pekanbaru, Pontianak
- 32 Hawk MK 209 berpangkalan di Pekanbaru, Pontianak
- Enam CN235 berpangkalan di Halim
- Delapan F27-400M berpangkalan di Halim
- SF260MS/WS berpangkalan di Halim
- B707-3MIC
- Tujuh pesawat F27-400M
- F28-1000/3000
- L100-30
- C-130H-30 berpangkalan di Halim
- NAS332L1
- L100-30
- EC-120B
- 12 unit Heli Bell 47G-3B-1 berpangkalan di Kalijati
- Lima F-16A berpangkalan di Madiun
- Lima F-16B berpangkalan di Madiun
- F-5E berpangkalan di Madiun
- F-5F berpangkalan di Madiun
- Hawk Mk53 berpangkalan di Madiun
- dua Su-27SK berpangkalan di Makassar
- dua Su-30MK berpangkalan di Makassar
- NC212M-100/200 berpangkalan di Malang
- Ce 401A berpangkalan di Malang
- Ce 402A berpangkalan di Malang
- 10 Pesawat Bronco OV-10F di Malang

Kapal Perang
- 114 armada berbagai jenis (sepertiganya untuk operasi rutin, sepertiga untuk latihan, dan sisanya untuk pemeliharaan)

Personel
Jumlah prajurit (semua angkatan): 250 ribu orang
Anggaran militer per tahun: US$ 1 triliun (1,3 persen GDP)

ANALISIS PERANG FRONTAL INDONESIA - MALAYSIA


Analisa perang ini, dengan asumsi bahwa kedua negara tidak melibatkan negara lain dalam perang ini :


KEKUATAN ARMADA MASING - MASING NEGARA:
INDONESIA

Kekuatan Indonesia ada pada:

  • Senjata anti-udara: Indonesia telah membeli peralatan anti udara paling mutakhir dari Rusia
  • Skill dan pengalaman prajurit: Ketangguhan prajurit TNI memang tidak usah diragukan lagi, ketangguhan prajurit TNI bisa disejajarkan dengan prajurit AS atau Rusia
  • Jumlah anggota armada perang: Jumlah prajurit Indonesia yang siap tempur adalah sekitar 10x lipat prajurit Malaysia, belum lagi jika ada milisi dari pihak sipil, conscription/wajib militer, serta pembelot dari pihak Malaysia
  • Kelihaian dalam menggunakan taktik: Indonesia adalah rajanya pertempuran gerilya serta maritim, sedangkan Malaysia relatif lebih tidak berpengalaman dalam pertempuran gerilya.
  • Kelemahan Indonesia:

  • Teknologi senjata: Secara keseluruhan relatif lebih rendah dari Malaysia, Malaysia kebanyakan menggunakan senjata berteknologi canggih, sedangkan Indonesia menggunakan armada dari tahun 70 dan 80'an
  • Logistik perang: Amunisi diprediksikan akan sulit didapat karena embargo persenjataan oleh AS, belum lagi pemboikotan penggunaan armada perang buatan negara-negara sekutu Malaysia, meskipun Indonesia sebenarnya bisa memproduksi sendiri
  • MALAYSIA
    Kekuatan Malaysia ada pada:

  • Armada udara: Armada udara Malaysia terdiri dari pesawat - pesawat canggih buatan AS dan Rusia, dimana pesawat-pesawat tersebut dilengkapi air to air sidewinder missile serta air to ground missile, memungkinkan dukungan terhadap armada darat atau laut Malaysia secara menyeluruh.
  • Teknologi senjata: Senjata Malaysia memiliki teknologi terbaru, dibanding Indonesia yang bahkan masih menggunakan AK-47 sebagai senapan serbu.
  • Dukungan penuh atas logistik perang: Malaysia tidak diembargo oleh negara manapun, dan Malaysia cukup kaya untuk membiayai perang.
  • Kelemahan Malaysia:

  • Ketangguhan prajurit yang kurang: Prajurit Malaysia relatif "manja", mereka membawa makanan serta minuman kaleng sebagai logistik perang, yang membuat pergerakan mereka menjadi lamban dan stamina mereka cepat menurun. Disamping itu, prajurit Malaysia juga kurang terlatih dalam pertempuran gerilya.
  • Mobilitas armada yang buruk: Armada Malaysia bisa diblokir dengan mudah oleh lawan, lihat analisis di bawah
  • Jumlah angkatan perang yang jauh lebih kecil dari Indonesia: Telah dijelaskan di atas.
  • SKEMA PERTEMPURAN
    Untuk kasus di Sipadan, Ligitan, dan Ambalat, militer Indonesia diuntungkan dengan posisi ketiga lokasi itu yang tidak jauh dari wilayah NKRI. Beberapa pangkalan TNI di Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Selatan, dapat dijadikan pangkalan laju bagi TNI. Sehingga praktis jalur dukungan militer bagi TNI bukan menjadi kendala saat "beroperasi" di tiga lokasi itu.

    Bagaimana dengan kekuatan militer Malaysia?

    Secara geografis, Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah besar, yaitu wilayah Semenanjung dan wilayah di Kalimantan Utara. Malaysia bisa jadi menggunakan kekuatan militerya di daerah Kalimantan Utara sebagai barisan pertama dalam menghadapi TNI di Sipadan, Ligitan, dan Ambalat.

    Dimungkinkan pasukan laut akan beroperasi di tiga lokasi itu. Bahkan, dimungkinkan juga pasukan darat Malaysia akan melakukan infiltrasi ke wilayah darat NKRI. Tujuannya untuk melebrakan front pertempuran atau mungkin untuk memutus jalur dukungan militer TNI. Perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia di Kalimantan memang memungkinkan untuk terjadinya penyusupan.

    Saat militer Malaysia melakukan infiltrasi ke wilayah darat NKRI, kekuatan organik TNI yang berada di Kalimantan akan menghadapinya. Sejumlah pasukan TNI yang didatangkan dari wilayah terdekat, yaitu Sulawesi dan Jawa, akan membantu pertahanan di wilayah Kalimantan. Pertempuran di hutan sangat bisa terjadi. Di sini pengalaman TNI jauh lebih teruji daripada ATM, setidaknya dari berbagai pengalaman tempur di operasi-operasi militer sebelumnya (mulai tahun 1948 hingga era 1990an).

    Secara geografis, 2 wilayah besar Malaysia dipisahkan oleh wilayah NKRI, yaitu Kepulauan Natuna. TNI dapat melakukan intersep terhadap armada ATM dari wilayah Semenanjung yang akan dikirim ke wilayah di Kalimantan Utara. Dengan dukungan dari pangkalan TNI di sekitar Natuna, seperti di Pontianak, Bangka Belitung, dan Pekanbaru, maka poros halang TNI terhadap ATM di wilayah selatan Laut Cina Selatan akan semakin kuat.

    Bilamana kekuatan ATM dapat dipecah dan terkonsentrasi di 2 wilayah besar Malaysia, maka TNI akan semakin mudah menguasai pertempuran. Dengan terhambatnya jalur dukungan militer ATM di wilayah Kalimantan Utara, maka kekuatan ATM di wilayah itu akan semakin terpojok.

    Dengan kata lain, TNI berhasil melokalisir front pertempuran dan menutup jalur militer ATM. Dalam hal ini TNI telah menang satu langkah.

    Saat menyadari kekuatan ATM di Kalimantan Utara berhasil dilokalisir dan dipatahkan oleh TNI, dimungkinkan pihak Malaysia akan membuka front pertempuran di lokasi lain. Di antaranya ialah menembus blokade laut di wilayah Natuna atau justru malah mencoba masuk ke wilayah NKRI lain seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang memang berbatasan langsung dengan Malaysia.

    Di sini TNI juga telah menyiagakan kekuatan di pangkalan-pangkalan yang ada di wilayah itu. Bahkan dukungan dari wilayah lain seperti dari wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, dan bahkan Nusa Tenggara, diposisikan siap untuk mempertahankan wilayah NKRI dan mengusir semua musuh dari setiap wilayah NKRI.

    Yang pasti, saat TNI mampu membuat dan mempertahankan blokade terhadap kekuatan militer Malaysia, maka saat itu pula kekuatan militer Malaysia dapat diperkirakan kekalahannya.

    Perang ini sangat berpotensi membuat Perang Dunia III berkobar, serta mungkin kehancuran dari dunia, karena kemungkinan dari penggunaan senjata pemusnah massal nuklir dan hidrogen bila pecah perang antara negara - negara adikuasa yang menjadi sekutu Indonesia dan Malaysia sangat besar. Seandainya Indonesia dan Malaysia berperang tanpa melibatkan sekutu - sekutunya, Indonesia dapat memenangkan pertempuran hanya dalam waktu sekitar 3 hari saja, jika skenario di atas benar - benar terjadi.

    ASELI TULISAN DEDEN "C.A", DARI BERBAGAI SUMBER


    kekuatan militer indonesia vs malaysia skrng

    PERSONNEL INDONESIA
    Total Population: 237,512,352 [2008]
    Population Available: 125,530,542 [2008]
    Fit for Military Service: 104,496,911 [2008]
    Reaching Military Age Annually: 4,291,700 [2008]
    Active Military Personnel: 316,000 [2008]
    Active Military Reserve: 400,000 [2008]
    Active Paramilitary Units: 207,000 [2008]

    ARMY
    Total Land-Based Weapons: 2,122
    Tanks: 425 [2004]
    Armored Personnel Carriers: 684 [2004]
    Towed Artillery: 293 [2004]
    Self-Propelled Guns: 70 [2004]
    Anti-Aircraft Weapons: 515 [2004]

    NAVY
    Total Navy Ships: 111
    Merchant Marine Strength: 971 [2008]
    Major Ports and Harbors: 10
    Aircraft Carriers: 0 [2008]
    Destroyers: 0 [2008]
    Submarines: 2 [2004]
    Frigates: 15 [2004]
    Patrol & Coastal Craft: 24 [2004]
    Mine Warfare Craft: 12 [2004]
    Amphibious Craft: 26 [2004]

    AIR FORCE
    Total Aircraft: 313 [2004]
    Helicopters: 194 [2004]
    Serviceable Airports: 652 [2007]

    FINANCES (USD)
    Defense Budget: $4,740,000,000 [2008]
    Foreign Exch. & Gold: $56,920,000,000 [2007]
    Purchasing Power: $843,700,000 [2008]

    OIL
    Oil Production: 837,500 bbl/day [2007]
    Oil Consumption: 1,100,000 bbl/day [2006]
    Proven Oil Reserves: 4,430,000,000 bbl [2007]

    LOGISTICAL
    Labor Force: 109,900,000 [2007]
    Roadways: 391,009 km
    Railways: 6,458 km

    GEOGRAPHIC
    Waterways: 21,579 km
    Coastline: 54,716 km
    Square Land Area: 1,919,440 km

    Sources: US Library of Congress; Central Intelligence Agency

    Last Updated: 2/12/2009

    sumber;: http://www.globalfirepower.com/

    Mempelajari Peningkatan Kekuatan Militer Malaysia di Kepulauan Spratley

    Oleh: Kapten Inf Hasan Abdullah, Perwira Kodam Iskandar Muda

    Fakta-Fakta

    Berdasarkan deklarasi Zona Ekonomi Eksklusif tanggal 20 September 1979, Pemerintah Malaysia mengklaim batas pelantar benua sepanjang 200 mil laut. Terumbu Layang-layang adalah bagian dari kawasan yang disebut sebagai Gugusan Semarang Peninjau (GSP). GSP ini terdiri dari beberapa terumbu karang di Kepulauan Spratley bagian selatan yang berada dalam kawasan ZEE Malaysia.

    Terumbu Layang-layang sendiri adalah sebuah atol di bawah permukaan laut yang terpencil di Laut Cina Selatan, 306 km di sebelah barat laut Kota Kinabalu, ibukota Sabah. Letaknya tepat pada 7°22'23.48"N dan 113°50'46.23"E. Belum dapat dipastikan terumbu karang ini terbentuk oleh karang yang tumbuh di atas gunung api bawah laut atau sebuah gunung yang tenggelam. Para ahli kelautan mengatakan bahwa di Terumbu Layang-layang terdapat 30 rangkaian karang yang membentuk atol sepanjang 7,3 km dan lebar 2,2 km. Pulau buatan yang ada merupakan satu-satunya tempat berlabuh yang aman di kawasan ini. Perairan di sekitar terumbu karang di wilayah ini masih asli, sehat dan terlihat dengan baik. Lereng curam di atas perairan yang dalam sangat indah untuk diselami. Biota laut berupa macam-macam ikan dan penyu, ganggang serta karang banyak terdapat di wilayah ini. Beting pasir yang tampak di permukaan air laut menjadi tempat favorit untuk beristirahat bagi berbagai spesies burung laut, terutama burung layang-layang. Oleh sebab itu, terumbu karang di wilayah ini disebut sebagai Terumbu Layang-layang. Selain mengandung kekayaan alam gas alam dan minyak bumi, GSP juga kaya dengan biota laut dan keindahan alam bawah laut. Pendapatan nelayan dari hasil tangkapan ikan tuna saja dapat mencapai RM 70 juta setahun. Ini di luar hasil tangkapan lain seperti udang karang dan ikan kerapu.

    Ditinjau dari aspek geostrategis, Terumbu Layang-layang terletak di ujung selatan Kepulauan Spratley yang disengketakan oleh negara Malaysia, Filipina, Brunei, Vietnam, Taiwan dan China. Di lokasi tersebut, Pemerintah Malaysia telah membuat sebuah pulau seluas 6 hektar di sebelah ujung timur atol tersebut sebagai pangkalan militer dan pariwisata yang disebut dengan Stesen Lima. Pendudukan Malaysia di terumbu ini dimulai sejak tahun 1979 melalui Operasi Tugu oleh Paskal, pasukan khusus marinir Malaysia, LST KD Raja Jarom dan satu detasemen helikopter Nuri. Pembangunan kawasan GSP oleh Pemerintah Malaysia sesungguhnya mendapat kecaman dari negara Filipina, Brunei, Vietnam, Taiwan dan Cina. Namun sejauh ini pembangunan fasilitas pertahanan dan pariwisata oleh Pemerintah Malaysia dapat berjalan lancar.

    Sebagai pangkalan militer, GSP mempunyai beberapa pos pengamanan yang dibangun sejak tahun 1979. Penempatan pasukan pertama kali di Terumbu Layang-layang pada bulan Mei 1983 oleh anggota Paskal (Pasukan Khas Laut). Pada tahun 1985, fasilitas militer diperbesar dengan pembangunan barak. Stesen Lima (Terumbu Layang-layang) berfungsi sebagai pos induk untuk aktivitas di sekitar GSP. Pangkalan darat GSP diawaki oleh Pasukan Khas Laut (Paskal) TLDM dan Pasukan Pertahanan Udara (PPU) TLDM dipimpin oleh seorang perwira berpangkat komander (letnan kolonel). Fasilitas militer di kawasan GSP antara lain :

    a. Satu unit pangkalan utama dan empat pos pengamanan (Uniform, Papa, Tango dan Mike).

    b. Landasan udara sepanjang 1.367 meter yang dapat didarati dengan baik oleh pesawat CN235M. Meski demikian, pesawat Hercules C-130 dapat juga dipaksa mendarat walaupun dengan kondisi pendaratan yang kurang nyaman.

    c. Pelabuhan yang ada di Stesen Lima (Terumbu Layang-layang) saat ini sepanjang 42 meter dan secara bertahap akan diperpanjang lagi untuk memungkinkan lebih banyak kapal-kapal perang dan kapal wisata yang dapat berlabuh.

    d. Enam pucuk meriam Bofors kaliber 40 mm.

    e. Sistem rudal Starburst.

    Untuk meyakinkan kehadiran Pemerintah Malaysia di GSP, telah dibangun obyek wisata yang mengkhususkan pada wisata alam, penyelaman dan wisata pemancingan ikan laut dalam. Saat ini GSP, khususnya Terumbu Layang-layang telah menjadi obyek wisata terkenal di seluruh dunia yang dilengkapi fasilitas lapangan udara untuk pesawat ringan, pelabuhan kapal pesiar, pembangkit listrik tenaga diesel dan angin, resort serta sistem penyaringan air Reverse Osmosis (RO).

    Wakil PM Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak dalam kunjungan ke Terumbu Layang-layang pada hari Selasa, 12 Agustus 2008, menjelaskan bahwa pengendalian dan pendudukan suatu daerah yang disengketakan merupakan faktor utama bila kasus Ambalat dibawa ke Mahkamah Internasional. Oleh karena itu, Malaysia akan mempertahankan kehadirannya di perairan Ambalat. Najib yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan mengatakan, bahwa instalasi militer yang dibangun di pos-pos strategis garis depan merupakan bagian dari langkah-langkah untuk menyokong ZEE.

    Analisa

    Pemerintah Malaysia memandang penting aspek penguasaan wilayah dalam rangka melindungi kedaulatan negara atas wilayahnya sampai ke garis perbatasan pulau terluar. Sebagaimana telah tercatat dalam sejarah, kemenangan Malaysia atas Indonesia dalam kasus Pulau Sipadan dan Ligitan tahun 2002 serta kemenangan Singapura atas Malaysia dalam kasus perebutan Pulau Batu Puteh di Mahkamah Internasional tahun 2008 membuktikan bahwa penguasaan secara fisik terhadap wilayah yang disengketakan merupakan faktor penting untuk memenangkan kasus tersebut secara hukum di Mahkamah Internasional.

    Penempatan pangkalan militer di wilayah ZEE yang disengketakan memberikan keuntungan taktis sebagai faktor penggentar bagi negara lain yang ingin mempersengketakan wilayah tersebut. Sedangkan pembangunan obyek wisata di Terumbu Layang-layang yang mengundang minat wisatawan asing di samping memberikan keuntungan secara finansial juga secara politis dapat membangun opini masyarakat internasional bahwa kawasan GSP adalah benar-benar milik Malaysia. Opini masyarakat internasional ini penting untuk memperkuat diplomasi apabila sengketa wilayah ini dibawa ke Mahkamah Internasional.

    Peningkatan kekuatan militer Malaysia di Kepulauan Spratley, yang menurut Malaysia adalah kawasan ZEE-nya, dalam sengketa dengan Filipina, Brunei, Vietnam, Taiwan dan China merupakan bukti bahwa setiap negara akan melakukan tindakan apapun demi melindungi kedaulatan negaranya. Menurut Atase Laut RI Kuala Lumpur, dalam hubungan antar negara, istilah kawasan ZEE hanya dikenal dalam UNCLOS 1982 yang Malaysia sendiri tidak meratifikasinya. Menurut UNCLOS 1982, kondisi geografis Malaysia sebagai negara pantai tidak memberikan hak atas kawasan ZEE. Jadi, klaim Malaysia atas kawasan ZEE hanya merupakan klaim sepihak. Walaupun secara hukum peningkatan kekuatan militer Malaysia di kawasan ZEE tidak dibenarkan, Malaysia tetap melakukannya.

    Dalam kasus Ambalat dengan Indonesia, peta wilayah perbatasan laut Malaysia yang digunakan oleh Pemerintah Malaysia adalah peta tahun 1979. Ini tahun yang sama dengan pendudukan pertama aparat keamanan Malaysia ke GSP Terumbu Layang-layang dan mungkin pendudukan ke Pulau Sipadan dan Ligitan. Hubungan ini menunjukkan bahwa perhatian dan langkah Pemerintah Malaysia terhadap perlindungan aset wilayahnya telah ada sejak tahun 1979. Ungkapan Wakil PM Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak menunjukkan keinginan Malaysia untuk memiliki blok Ambalat semakin kuat sehubungan dengan kekalahan Malaysia dari Singapura dalam pemilikan Pulau Batu Puteh. Permasalahan Blok Ambalat yang saat ini kelihatan mereda tetap menyimpan potensi konflik, baik politik, ekonomi, sosial maupun militer. peningkatan kekuatan ekonomi dan militer Malaysia di sektor selatan pantai timur Sabah harus diwaspadai dan diantisipasi.

    Kawasan titik-titik terluar perbatasan Indonesia, sebagaimana juga Blok Ambalat, merupakan suatu sistem yang di dalamnya terlibat berbagai pihak dan kepentingan. Permasalahan politik, ekonomi dan sosial mengenai kehidupan masyarakat, perdagangan lintas batas, illegal logging, penyelundupan TKI dan sumber daya alam di sekitar titik-titik terluar perbatasan harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan keuntungan positif bagi perjuangan mempertahankan kedaulatan NKRI. Ancaman kedaulatan NKRI di sekitar titik-titik terluar perbatasan harus ditangani secara komprehensif dan memerlukan keterlibatan berbagai pihak.

    Kondisi geografis Indonesia yang luas dan terdiri dari ribuan pulau serta sebagian besar wilayah perbatasan yang terdiri dari lautan merupakan suatu permasalahan krusial bila dihadapkan dengan konsep pertahanan yang menitikberatkan pada operasi patroli dengan menggunakan alutsista kapal perang dan pesawat tempur. Ini dapat dipahami mengingat kondisi keuangan negara yang belum mampu menyediakan alutsista sesuai kebutuhan untuk menjaga kedaulatan wilayah negara. Di sisi lain, kondisi geografis ribuan pulau yang dimiliki Indonesia dan rakyat Indonesia yang tersebar sampai di pulau-pulau terpencil tersebut merupakan aset yang sangat berharga bila dikelola dengan baik.

    Pemerintah harus mengutamakan pembangunan infrastruktur sosial dan ekonomi di kawasan terpencil pulau-pulau terluar yang bersifat dasar maupun yang sesuai dengan potensi wilayah masing-masing. Selain infrastruktur dasar seperti kesehatan, pendidikan, transportasi dan sebagainya, potensi wilayah yang dapat dikembangkan di pulau-pulau terluar ini biasanya adalah budidaya dan pariwisata kelautan. Dengan pembangunan infrastruktur ini diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan potensi ekonomi di daerah itu akan meningkat. Peningkatan potensi ekonomi ini diharapkan akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan daerah dan pendapatan negara.

    Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan dalam pembangunan masyarakat di pulau-pulau terluar adalah penanaman jiwa patriotisme dan nasionalisme serta kepedulian terhadap pertahanan (defense awareness). Sejarah telah membuktikan kemenangan bangsa Indonesia atas penjajah sesungguhnya merupakan kemenangan rakyat bersama politisi dan tentara. Dalam segi militer, rakyat membantu tentara dalam suplai logistik maupun informasi. Dalam penegakan kedaulatan negara di masa modern ini masyarakat penduduk pulau terluar merupakan aset intelijen yang dapat memberikan informasi adanya ancaman terhadap kedaulatan negara.

    Seiring dengan peningkatan kesejahteraan, potensi ekonomi masyarakat dan negara serta kepedulian terhadap pertahanan masyarakat di pulau terluar, peningkatan kekuatan militer di kawasan tersebut secara bertahap juga ditingkatkan. Pangkalan-pangkalan militer perlu dibangun di pulau-pulau atau terumbu karang terluar, bila perlu di kawasan ZEE. Pembangunan pangkalan militer ini akan memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat dan juga bagi investor yang ingin berusaha di kawasan tersebut.

    Kesimpulan

    Perjuangan mempertahankan kedaulatan NKRI atas suatu wilayah dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, terbukti tidak dapat dilakukan dari satu pihak saja. Diplomasi dan kekuatan militer saja, tidak akan mampu mempertahankan suatu wilayah dalam sengketa dengan negara lain. Sengketa titik terluar perbatasan adalah sengketa suatu sistem yang di dalamnya terlibat berbagai pihak dan kepentingan. Menarik pelajaran dari peningkatan kekuatan Malaysia di Kepulauan Spratley, ada tiga hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga kedaulatan NKRI di pulau terluar yang perlu melibatkan berbagai pihak pemerintah maupun masyarakat dalam kondisi sekarang ini, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan potensi ekonomi setempat, penanaman jiwa patriotisme dan nasionalisme masyarakat setempat serta diiringi dengan peningkatan peningkatan kekuatan militer secara bertahap di kawasan titik terluar wilayah negara tersebut.


    Referensi:
    1.
    http://www.mir.com.my/potpourri/places/mpwong/ destination/p_layang/index.htm.
    2. http://www.newsabahtimes.com.my/nstweb/fullstory/20634.
    3. DAILY EXPRESS, RABU, 13 AGUSTUS 2008; HAL 2.
    4. MAJALAH PERAJURIT EDISI DESEMBER 2007; HAL 56.
    5. MAJALAH PERAJURIT EDISI JANUARI 2008; HAL 44.
    6. MAJALAH PERAJURIT EDISI FEBRUARI 2008; HAL 52.

    President Soekarno's speech at the State Palace, Jakarta, May 20, 1962.


    "Yes, indeed, our principle, is indeed that a nation can only stand firmly, that a nation can achieve independence, that a nation can defend its freedom, that a nation can build a just and prosperous society, first of all only by its own power.

    Hay, Indonesian People ! We get assistance from the new emerging forces. We get assistance from several countries in our struggle to build our State, in our struggle for the liberation of West Irian, in our struggle to build a just and prosperous society, we get assistance, assistance, assistance, simpathy, simpathy, simpathy, but don't forget, that only a nation who stands on its own strength can become a great nation. Even more so, if this assistance doesn't exist, do not be discouraged. If this assistance doesn't exist, don't be down-hearted. Strengthen ourselves ! Because only a nation who strengthens itself, can become a strong nation. "Innallaaha la yughayyiru ma biqaumin hattaa yughayyiru ma bianfusihim." God will not change the fate of a nation if that nation itself does not change its own fate !"

    Pidato Presiden Soekarno di Istana Negara, Jakarta, 20 Mei 1962.


    "Ya, memang, prinsip kami, memang suatu bangsa hanya dapat berdiri dengan tegas, bahwa suatu bangsa dapat mencapai kemerdekaan, suatu bangsa dapat membela kebebasan, suatu bangsa dapat membangun masyarakat yang adil dan makmur, pertama-tama hanya oleh perusahaan kekuatan sendiri.

    Hay, Orang Indonesia! Kami mendapatkan bantuan dari kekuatan-kekuatan yang muncul baru. Kami mendapatkan bantuan dari beberapa negara dalam perjuangan kita untuk membangun negara kita, dalam perjuangan kita untuk pembebasan Irian Barat, dalam perjuangan kita untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur, kita mendapatkan bantuan, bantuan, bantuan, simpathy, simpathy, simpathy, tapi jangan lupa, bahwa hanya bangsa yang berdiri pada kekuatan sendiri bisa menjadi suatu bangsa yang besar. Bahkan lebih lagi, jika bantuan ini tidak ada, jangan berkecil hati. Jika bantuan ini tidak ada, tidak akan turun-hati. Memperkuat diri kita sendiri! Karena hanya sebuah bangsa yang memperkuat itu sendiri, dapat menjadi bangsa yang kuat. "Innallaaha la yughayyiru ma biqaumin hattaa yughayyiru ma bianfusihim." Allah tidak akan mengubah nasib suatu bangsa jika bangsa itu sendiri tidak mengubah nasib sendiri! "




    Kapan melakukan Zakat Fitrah?

    Hal lain yang penting diketahui, yang berhubungan dengan zakat fitrah.

    Zakat fitrah, menurut jumhur (mayoritas) ulama selain Hanafiyah, wajibnya adalah karena menyaksikan terbenamnya matahari hari terakhir Ramadhan. Sedangkan menurut Hanafiyah zakat fitrah ini wajib dikeluarkan karena menyaksikan terbitnya fajar tanggal 1 Syawal. Perbedaan kedua pendapat tersebut berasal dari perbedaan perspektif "apakah zakat fitrah itu berkaitan dengan hari Idul fitri ataukah dengan habisnya bulan Ramadhan."

    Kajian ini menjadi penting ketika terjadi kasus kelahiran anak atau kematian seseorang pada malam hari Raya (antara tenggelamnya matahari hari terakhir Ramadhan dan terbitnya fajar tanggal 1 Syawal). Menurut jumhur ulama, orang yang meninggal dunia pada malam hari raya harus dibayarkan zakat fitrahnya, karena saat terbenam matahari dia masih hidup, dan tidak wajib zakat bila ia meninggal sebelum tenggelam matahari. Sementara menurut Hanafiyah, orang yang meninggal pada malam hari raya tidak wajib zakat, karena ia tidak menyaksikan terbitnya fajar 1 Syawal.

    Begitu juga, menurut jumhur, jika ada bayi lahir sebelum tenggelamnya matahari wajib dikeluarkan zakatnya, dan tidak wajib bila ia lahir pada malam hari. Sedangkan menurut Hanafiyah, kalau ia lahir pada malam hari wajib, dan tidak wajib jika lahir setelah terbit fajar.

    Adapun soal kapan mulai dan akhir pembayaran, para ulama juga berbeda pendapat.
    1- Hanafiyah
    Tidak ada batas awal dan batas akhir. Boleh dibayarkan sebelum hari raya (1 Syawal), bahkan sebelum masuk Ramadhan. Juga tetap harus membayar zakat fitrah ini meski terlambat sampai lewat tanggal 1 Syawal.

    2- Malikiyah
    Sejak 2 hari sebelum hari raya sampai --paling lambat-- terbenamnya matahari tanggal 1 Syawal. Namun, jika sampai lewat batas akhir belum mengeluarkan zakatnya, ia tetap berkewajiban membayarnya. Dengan catatan, jika ia mampu (karena telah memenuhi syarat wajib) tapi mengakhirkannya sampai lewat hari raya, maka ia berdosa.

    3- Syafi'iyah
    Sejak hari pertama Ramadhan sampai tenggelamnya matahari 1 Syawal. Namun utamanya adalah sebelum salat 'id. Lebih dari itu, jika memang ia mampu dan tidak ada 'udzur maka ia berdosa dan tetap harus membayar. Namun jika ada udzur seperti kehilangan hartanya, maka tidak apa-apa, tapi ia tetap harus membayarkannya.

    4- Madzhab Hanbali;
    Awal pembayaran zakat fitrah sama dengan madzhab maliki, yaitu dua hari sebelum hari ied. Sedangkan waktu terakhirnya sama dengan pendapat Syafi`i, yaitu hingga terbenamnya matahari 1 syawal.

    tanya jawab seputar zakat

    Untuk menyalurkan pembayaran zakat maal yang diterima dari upah saya mempunyai beberapa pertanyaan :
    1. Apakah pembayaran zakat yang harus dibayarkan itu berupa upah kotor ataukah upah bersih setelah dipotong untuk keperluan sehari-hari seperti pembayaran listrik/telpon, uang sekolah, belanja, cicilan2 rumah/mobil dsb ?
    2. Apakah diperbolehkan memberikan zakat mal kepada :
    a. Musholla / Mesjid
    b. Orang Tua
    c. Adik
    d. Pembantu ataupun orang tuanya yang hidupnya kekurangan
    e. Kepada seseorang yang menjadi pengurus orang tua
    asuh yang jelas2 biaya
    tsb sangat diperlukan oleh anak2 sekolah
    f. Yayasan Yatim Piatu
    g. Tukang sampah / kebun

    Jawab:

    1. Zakat gaji/upah (populer dengan zakat profesi) dilakukan setelah total gaji itu dikurangi biaya kebutuhan-kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jika, misalnya, gajinya Rp. 500 ribu sebulan, dan kebutuhan-kebutuhannya mencapai Rp. 300 ribu tiap bulannya, maka sisanya yang Rp. 200 ribu yang harus dizakati. Boleh saja membayar zakatnya setiap kali menerima gaji (jika memang setiap sisa gajinya/pemasukannya mencapai nisab, yaitu senilai 85 gram emas), dan boleh juga dikumpulkan lebih dulu selama setahun, baru setelah itu dizakati. Jadi, kalaupun sisa gajinya kurang dari nisab (misal saja sisanya tinggal Rp. 50 ribu perbulan), maka jika setelah ditotal selama setahun (Rp. 50 ribu X 12 = Rp. 600 ribu) mencapai nisab, dia berkawajiban membayar zakatnya, yaitu sebesar 2,5%. Jika tidak mencapai nisab, ya tidak.

    2. Bisakah zakat disalurkan ke :

    a. Mushola atau masjid?
    Pembayaran zakat ke masjid dan musalla (rumah ibadah) menjadi perdebatan ulama. Ada yang membolehkan ada yang tidak. Menurut saya, harus lihat-lihat dulu sebelum membayar zakat: kalau memang di lingkungan sekitar kita banyak orang fakir-miskin, maka lebih baik kita mendahulukan mereka. Mereka tentu lebih membutuhkan. Apalagi pada masa krisis seperti sekarang.

    b. Orang Tua?
    Tidak boleh. Karena orang tua menjadi tanggungan si pembayar zakat (anak). Selama seseorang itu ada yang menanggung nafkahnya, maka tidak boleh diberi zakat. Seperti istri dan anak tidak boleh dizakati suami dan bapaknya.

    c. Adik?
    Boleh menurut sebagian besar ulama, sebagian lagi tidak membolehkan. Kelompok pertama beralasan karena adik atau kakak tidak termasuk orang yang menjadi tanggungjawabnnya (orang yg membayar zakat), dan yang kedua berpendapat bahwa saudara (adik atau kakak) termasuk orang yang menjadi tanggungjawab si pembayar zakat. Menurut saya tinggal keadaan: jika si adik itu, sesuai perjanjian, menjadi tanggungjawab kakaknya (karena masih belajar, misal), maka si kakak tidak boleh memberikan zakat pada adiknya yang menjadi tanggungannya. Dan jika tidak menjadi tanggungannya, seperti antara kakak dan adik yang telah berumahtangga masing-masing, dan misalnya saja si kakak hidup miskin dan adiknya kaya, maka boleh saja si adik memberikan zakatnya ke kakaknya tersebut. Atau sebaliknya, si kakak yang kaya dan adiknya miskin, maka boleh saja si kakak membayarkan zakatnya ke adiknya yang miskin tsb.

    d. Pembantu ataupun orang tuanya yang hidupnya kekurangan? Boleh saja. Namun alasannya bukan karena pekerjaan dia sebagai pembantu, tapi semata-mata karena kekurangan atau kemiskinannya.

    e. Kepada seseorang yang menjadi pengurus orang tua asuh yang jelas-jelas biaya tsb sangat diperlukan oleh anak-anak sekolah?
    Tidak boleh. Kecuali jika memang pengurus tersebut statusnya sebagai panitia zakat. Misalnya lembaga panti asuhannya telah mengumumkan bahwa lembaganya menerima pembayaran zakat, untuk kemudian disalurkan ke anak asuhnya. Jadi saat membayarkan zakat kepada orang tersebut, harus berdasar kesepakatan bahwa dia menerima zakat atas nama pengurus/panitia zakat panti asuhan tersebut. Ini untuk menghindari penyalahgunaan zakat.

    f. Yayasan Yatim Piatu?
    Boleh. Asal jelas bahwa yayasan tersebut menyalurkan hasil zakat kepada para anak asuhnya atau orang lain yang berhak menerima zakat. Jadi ada panitia yang telah ditunjuk untuk menangani penerimaan zakat.

    g. Tukang sampah / kebun?
    Boleh saja, asal dia tergolong orang miskin. Jadi, sekali lagi, penerima zakat itu tidak dipandang dari pekerjaannya, namun dari keberadaannya, miskin atau tidak. Sehingga jika ada seorang tukang sampah/kebun atau pembantu rumah tangga, namun ternyata kehidupannya kecukupan, ya tidak boleh menerima zakat.

    ZAKAT PROFESI, KASB AL-`AMAL (1)




    Ditulis oleh Dewan Asatidz
    (Direktur “Markaz ‘l-Iqtishad al-Islamy� Universitas al-Azhar) Penerjemah Shocheh Ha., Udy Andriyati & Yulaicha Fitria Yang dimaksud profesi atau kasb al-`amal (pendapatan kerja, gaji/upah, pendapatan dari profesi tertentu). Pendapatan profesi didefiniskan: pendapatan yang diperoleh dari kerja fisik maupun otak—yang dimanfaatkan orang lain—sebagai imbalan atau upah. Hal ini ada dua macam: Pertama, gaji, upah, dan sejenisnya; yaitu imbalan seorang buruh, karyawan, atau pegawai yang bekerja kepada orang lain, perusahaan atau instansi pemerintah. Dan, Kedua, pendapatan seseorang dari jenis pekerjaan atau usaha bebas (swasta), yaitu pendapatan yang diperoleh berdasarkan usaha, pekerjaan, atau layanan jasa untuk orang lain dengan menarik imbalan, semisal dokter, pengacara, insinyur, akuntan, seniman, juga pengrajin yang mengerjakan kerajinan tangan untuk orang lain. Apakah gaji, upah, dan honor para pekerja (profesionalis) terkena wajib zakat secara syar`iy? Sebagian pakar fiqh masa kini berpendapat bahwa pendapatan atau income ini merupakan mata uang. Dengan demikian, ia terkena zakat mata uang yang mensyaratkan lewat satu tahun penuh, dan mencapai nisab. Namun karena pegawai atau karyawan umumnya mengambil gajinya secara bulanan dan langsung membelanjakannya tanpa menyimpannya dalam waktu satu tahun penuh, maka dia tidak akan terkena kewajiban zakat. Anggapan semacam ini tidak bisa diterima. Pendapatan kerja yang berupa gaji pegawai, upah karyawan, dan honor profesionalis kesemuanya terkena wajib zakat, dengan alasan sebagai berikut: 1). Firman Allâh, “Hai, orang-orang beriman! Berikanlah nafkah dari pendapatanmu yang baik dan dari hasil bumi yang telah Kami keluarkan untukmu�, (al-Baqarah/2: 267). Dan pendapatan kerja merupakan pendapatan yang terbaik sebagaimana sabda Nabi saw, “Tidak ada makanan anak Adam yang lebih baik dari hasil jerih payahnya sendiri�. 2). Keumuman sabda Rasul saw, “Setiap Muslim harus mengeluarkan sedekah�. Para sahabat bertanya, “Wahai, Nabi Allâh! Jika ia tidak memiliki apa-apa?!� Nabi menjawab, “Hendaklah ia bekerja sehingga bisa mencukupi dirinya sendiri dan bisa bersedekah�. Sementara sedekah bisa berupa zakat, bisa juga sedekah sunah. 3). Kisah yang diriwayatkan oleh Abû `Abîd Ibn Salâm dalam bab “al-Amwâl, keuangan�, bahwa Ibn `Abbâs ra. ditanya tentang seseorang yang menginvestasikan harta. Dia menjawab, “Dia harus membayar zakatnya ketika tiba saat pengeluaran�. 4). Kisah yang menceritakan bahwa Ibn Mas`ûd memberi upah dengan dimasukkan ke dalam “zabal� kecil (kantong yang terbuat dari daun korma, atau sejenisnya), kemudian mengambil zakat dari upah tersebut. 5). Kisah yang diriwayatkan oleh Imam Mâlik dalam kitab Muwatha’ bahwa Mu`âwiyah mengambil zakat dari gaji yang diberikan. 6). Kisah yang menceritakan bahwa `Umar Ibn `Abd-u ‘l-`Azîz, al-Khulafâ’ al-Râsyidûn yang kelima, ketika memberikan gaji para pegawainya ia mengambil zakat darinya, dan ketika mengembalikan harta orang yang didlalimi, beliau juga mengambil zakatnya. Pendapat di atas didukung dan dianggap kuat oleh Dr. Yusuf al-Qardlawi dalam bukunya Fiqh al-Zakah, dan Syaikh Muhammad al-Ghazâlî dalam bukunya al-Islâm wa ‘l-Awdlâ` al-Iqtishâdiyyah. Sebagaimana undang-undang zakat di Sudan juga mengharuskan pembayaran zakat atas gaji, upah, dan pendapatan dari kerja bebas, profesi.

    ZAKAT PROFESI, KASB AL-`AMAL (2)




    Ditulis oleh Dewan Asatidz
    Nisab dan nilai zakat profesi, yaitu jumlah tertentu kekayaan yang harus dibayarkan zakatnya jika mencapai jumlah tersebut. Nisab zakat profesi disamakan dengan harga 85 gr emas murni yang berlaku saat pengeluaran zakat. Ukuran wi`â' zakat (wi`â' zakat = standar zakat, ukuran standar zakat) profesi. Penentuan wi`â' zakat profesi bisa dilakukan dengan cara berikut: - Untuk gaji, upah, dan sejenisnya standar ditentukan dengan jumlah pendapatan bersih yang diterima pegawai atau pekerja, bukan dengan jumlah pendapatan kotor, di mana masih dikurangi pajak, dan iuran pekerja untuk jaminan sosial. - Untuk hasil kerja bebas standar ditentukan dengan pendapatan bersihnya setelah dikurangi pengeluaran-pengeluaran saat pelaksanaan usaha semisal biaya sewa tempat, upah para pembantu, biaya listrik, alat-alat tulis, biaya langganan telepon, dan seterusnya. Nisab dan nilai zakat profesi, yaitu jumlah tertentu kekayaan yang harus dibayarkan zakatnya jika mencapai jumlah tersebut. Nisab zakat profesi disamakan dengan harga 85 gr emas murni yang berlaku saat pengeluaran zakat. Barangsiapa pendapatan pertahunnya mencapai jumlah di atas atau lebih, maka ia berkewajiban membayar zakat. Dan jika kurang dari jumlah tersebut, maka tidak ada kewajiban zakat. Zakat yang dikeluarkan adalah 2,5% dari total pendapatan. Kondisi, realita, dan waktu pembayaran zakat profesi. Kapankah zakat profesi dikeluarkan? Di sini kita bedakan antara tiga kondisi, sebagai berikut: Kondisi pertama, pegawai dan karyawan yang menerima gajinya bulanan. Gaji yang diterima tiap bulan dikalikan 12 bulan. Jika mencapai nisab atau lebih, maka zakat dikeluarkan tiap menerima gaji per bulan. Dengan demikian, berdasarkan harga satu gram emas saat ini, sebagaimana disebut di atas. Orang yang gaji atau upah bersihnya tiap bulan mencapai nisab atau lebih, maka telah berkewajiban membayar zakat sebesar 2,5% dari jumlah gaji bulanan tersebut, dengan tidak melupakan pengeluaran-pengeluaran rutin, tunjangan-tunjangan, dan pengurangan-pengurangan saat tidak masuk kerja. Kondisi kedua, bagi para profesionalis yang memperoleh upahnya sepanjang hari-setiap kali ada kerjaan, order, pasien-, maka pengeluaran zakatnya bisa ditentukan pada setiap, misalnya, minggu atau bulan. Pendapatannya dihitung pada jangka waktu tersebut dikurangi pengeluaran-pengeluaran untuk biaya operasional profesi, dan sisanya dihitung untuk dizakati. Kondisi ketiga, bagi para pekerja bebas, semisal dokter, insinyur, dan pengacara biasanya mencatat pendapatan dan pengeluarannya dalam daftar penghitungan. Dengan demikian, dimungkinkan penundaan pembayaran zakat sampai akhir tahun setelah dikurangi pengeluaran-pengeluaran dan tinggal pendapatan bersih untuk dizakati. Jika tidak terdapat daftar catatan, maka kekayaan dihitung dan dizakati sebagaimana pada kondisi kedua. Dalam fiqh konvensional dikatakan, "jika seseorang menginvestasikan uang, kemudian ingin membelanjakannya sebelum bulan pengeluaran zakat, maka hendaklah zakat dibayar terlebih dahulu, baru kemudian membelanjakannya". Senada dengan ungkapan di atas adalah ungkapan lainnya, "hendaklah zakat dikeluarkan ketika harta berada di tangan, kecuali jika telah mengetahui bulan pengeluarannya, maka diakhirkan sampai bulan tersebut".

    ZAKAT PROFESI, KASB AL-`AMAL (3)




    Ditulis oleh Dewan Asatidz
    Nisab yang ada, yaitu seharga 85 gr emas murni dalam satu tahun. Jika satu gram emas murni seharga US$. 13,- maka nisab kekayaannya setahun adalah US$. 1.105,- (US$. 13,- x 85 gr). Jika gaji yang diperoleh selama setahun mencapai jumlah tersebut, maka terkena wajib zakat, dan jika kurang dari jumlah tersebut maka tidak terkena wajib zakat. Pengajian: ZAKAT PROFESI, KASB AL-`AMAL (3) Pada edisi terdahulu telah kami jelaskan dasar-dasar fiqhiyah kewajiban pembayaran zakat profesi dengan dua bentuknya. Untuk menambah kejelasannya akan kami kemukakan sebagaian contoh praktis cara penghitungan zakat tersebut sebagaimana berikut: Contoh pertama, zakat gaji. Seorang pegawai Muslim pada suatu instansi mendapat gaji bulanan sebagai berikut: - US$. 720,- gaji pokok - US$. 150,- uang penyemangat tiap bulan - US$. 100,- gaji tunjangan setiap bulan - US$. 50,- imbalan pekerjaan bulanan - Tambahan dari instansi sebesar 15% gaji untuk asuransi - US$. 300,- uang insentif pada bulan Juli - US$. 150,- uang ganti tranportasi pada tugas dinas bulan Agustus. Potongan-potongan yang dikenakan sebesar: 10% dari jumlah gaji kotor untuk iuran wajib asuransi; US$. 20,- per bulan pajak pendapatan kerja; US$. 70,- potongan dari gaji pokok sebagai ganti rugi/sanksi yang ditimpakan terhadapnya pada bulan Maret. Uraian penghitungan zakatnya sebagai berikut: Pertama, kondisi pembayaran zakat. Bahwa zakat dibayarkan secara langsung saat penerimaan upah/gaji, sesuai ketentuan fiqhiyyah yang dipilih di muka tentang gaji-zakat uang yang digunakan saat pemanfaatan/penerimaannya-yang diambil setiap bulan, maka zakat dibayarkan tiap bulan, saat penerimaan. Kedua, karena kewajiban pengeluaran zakat mensyaratkan tercapainya nisab kekayaan, maka pendapatan bersih yang diperoleh harus diukur dengan nisab yang ada, yaitu seharga 85 gr emas murni dalam satu tahun. Jika satu gram emas murni seharga US$. 13,- maka nisab kekayaannya setahun adalah US$. 1.105,- (US$. 13,- x 85 gr). Jika gaji yang diperoleh selama setahun mencapai jumlah tersebut, maka terkena wajib zakat, dan jika kurang dari jumlah tersebut maka tidak terkena wajib zakat. Dan karena zakat dikeluarkan tiap bulan, maka nisab bulanannya ditentukan sebesar US$. 92,- atau lebih (US$. 1.105,-/tahun : 12 bulan) Berdasarkan uraian di atas, jika gaji bersih pegawai setiap bulannya mencapai US$. 92,- atau lebih, maka ia telah terkena wajib zakat. Jika kurang, maka tidak terkena wajib zakat. Dan dalam contoh di atas, jumlah gaji yang diperoleh si pegawai melebihi jumlah nisab bulanan, maka telah terkena kewajiban membayar zakat. Tiga, penghitungan dimulai dari jumlah gaji bersih, bukan dari jumlah gaji kotor yang menjadi haknya, karena syarat pengeluaran zakat adalah kepemilikan sempurna-yang berarti mempunyai hak membelanjakan kekayaan/uangnya sendiri. Berdasarkan hal ini, maka sejumlah uang yang ada di rekening asuransi bukan menjadi miliknya yang sempurna, karena tidak memungkinkan membelanjakannya sesuai keinginan sendiri. Dengan demikian, tidak diperhitungkan sebagai gajinya. Begitu pula, uang ganti transpot tidak termasuk dalam wi`â'/ukuran wajib zakat, karena uang tersebut merupakan ganti dari pengeluaran sebelumnya. Keempat, berdasarkan data-data di muka-pada contoh di atas-, gaji yang diterima pegawai tiap bulannya adalah sama, kecuali pada bulan Maret di mana terjadi pengurangan US$. 70,- sebagai pembayaran sanksi yang menimpanya. Begitu pula bulan Juli, di mana terjadi penambahan uang penyemangat sebesar US$. 300,-. Karena itu, penghitungan zakat bisa dilakukan sama tiap bulannya selama satu tahun. Sementara untuk bulan Maret dan Juli akan dihitung terpisah. Inilah yang akan kita bicarakan pada edisi berikutnya. Insyaallah.
    Fiqhuz-Zakat (2): Zakat Pertanian

    Ditulis oleh Ustadz Muchib Aman Aly Harta Zakat

    Ada beberapa pendekatan dalam menentukan macam-macam harta yang wajib dizakati, yakni pendekatan iqor (harta tidak bergerak) dan manqul (harta bergerak). Atau dengan pendekatan alkhorij( zakat dari hasil yang dicapai) dan ro’sul maal(zakat atas modal).Saya menggunakan pendekatan yang kedua yaitu pendekatan alkhorij dan ro’sulmaal.
    Zakat atas Penghasilan (profesi).

    Ditulis oleh Ustadz Muchib Aman Aly Zakat atas penghasilan atau zakat profesi adalah istilah yang muncul dewasa ini. Adapun istilah Ulama salaf bagi zakat atas penghasilan atau profesi biasanya di sebut dengan “Almalul mustafad”. Yang termasuk dalam kategori zakat mustafad adalah, pendapatan yang dihasilkan dari profesi non zakat yang dijalani, seperti gaji pegawai negeri/swasta, konsultan, dokter, dan lain-lain, atau rezeki yang di hasilkan secara tidak terduga seperti undian, kuis berhadiah (yang tidak mengandung unsur judi), dan lain-lain. Zakat Profesi

    Ditulis oleh Untung Kasirin Di dalam Islam, pada harta yang dimiliki seseorang terdapat hak Allah di sana. Hak ini dikenal dengan istilah zakat yang diperuntukkan bagi delapan golongan sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 60. Zakat dan Pendidikan

    Ditulis oleh Untung Kasirin* Negara kaya raya yang laksana zamrud di katulistiwa dengan perairan luas yang konon bukan lautan tapi merupakan kolam susu dengan tanah yang mahasubur hingga tongkat dan batu jadi tanaman ini telah berusia enam puluh dua tahun dengan enam kali ganti pimpinan. Setengah lebih usianya, yakni selama 32 tahun pernah digawangi oleh sebuah keluarga besar, Keluraga Cendana. Suatu kali, pernah dipimpin bapak dan anak seperti sebuah dinasti. Lalu pada kesempatan lain pernah juga dipimpin oleh ilmuwan jenius alang kepalang, dan pada kali lainnya pernah dipimpin oleh seorang kiai. Beda orang dan kepribadian, beda pula gaya kepemimpinan dan kebijakkannya. Namun dari pengalaman dipimpin oleh bermacam-macam tipe pimpinan, tetap saja menyisakan sebuah titik persamaan realita kehidupan bangsa Indonesia: Anggaran pendidikan sebesar 20 persen yang merupakan amanah Undang-Undang Dasar 1945 belum juga terwujud. Idul Fitri Dan Zakat Fitrah

    Ditulis oleh Dewan Asatidz Oleh : Arwani Syaerozi, Lc *
    Dalam Islam kita mengenal beberapa hari kebesaran, dalam satu minggu kita akan bertemu dengan hari Jum`at, sebuah hari raya dalam tarf mingguan. Untuk level tahunan kita pun mengenal Idul fitri dan Idul adha, merupakan dua hari kebesaran level tahunan bagi komunitas muslim se-dunia. URGENSI KEMENTERIAN ZAKAT DAN WAKAF

    Ditulis oleh Dewan Asatidz Menarik sekali jika kita cermati pembahasan Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang Kementerian Negara—atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pansus RUU Kementerian Negara DPR RI—beberapa waktu lalu, dimana telah disepakati sejumlah pos kementerian negara, baik yang bersifat portofolio maupun non portofolio. Secara keseluruhan, Pansus telah membahas 31 kementerian negara, mencakup 21 kementerian negara portofolio dan 10 kementerian negara non portofolio. Pembagian Zakat

    Ditulis oleh Dewan Asatidz Berdasarkan penjelasan tersebut, maka wajib bagi para Muslim untuk berpegang teguh pada aturan yang telah dijelaskan dalam ayat al-Qur'ân di atas ketika membayarkan zakat, jika tidak, maka belum dianggap sah zakat yang dikeluarkannya. Berikut ini akan kami sampaikan kaidah-kaidah/aturan-aturan yang harus diikuti dalam pembayaran zakat.