Selasa, 19 Oktober 2010

bagi nokia: market share ga penting


Jakarta - Digempur Android, BlackBerry, serta iPhone, Nokia mengaku tak berfokus pada market share saat ini. Mereka lebih memfokuskan semua produknya pada kebutuhan konsumen.

Hal tersebut sempat dijelaskan oleh Bob McDougall Country Manager Nokia Indonesia, Selasa (19/10/2010), disela-sela peluncuran Nokia N8 bertempat di Four Season Hotel Jakarta kepada beberapa media.

"Market share tidaklah penting. Konsumen kami yang lebih penting," ujarnya seraya menjelaskan dengan penuh percaya diri. Bob pun melanjutkan bahwa Nokia saat ini telah memiliki 43 produk yang kesemuanya itu ditujukan bagi kebutuhan konsumen.

Dilanjutkan oleh Haryati Lawidjaja, Software & Service Manager Nokia Indonesia bahwa hal yang diutarakan Bos Nokia Indonesia tersebut contohnya adalah produk Nokia N8 sendiri. Sesuai tagline 'It's not about technology, It's what you do with it', produk itu hadir bagi pengguna yang memiliki kreatifitas untuk memaksimalkan fitur Nokia N8, dengan kamera 12 megapixel serta fitur editing video di dalamnya.

"Kita tidak lihat platform, kita tidak lihat kompetitor, kita lihat konsumen. Jadi konsumen butuhnya apa, kita penuhi kebutuhannya," lanjut wanita yang akrab disapa mbak Fey tersebut.


Sebenarnya Bagaimana Posisi Nokia?

Jika Nokia tak berfokus ke market share. Apakah ini berarti pangsa pasar mereka 'dihajar' habis-habisan oleh para kompetitornya? Sebenarnya bagaimana posisi Nokia secara global?
Nokia secara global masih menduduki peringkat satu di kategori ponsel pintar dengan market share 39.7%, naik dari 38,5%.

Menguntit Nokia di posisi dua dan tiga adalah Research in Motion (RIM) serta Apple. RIM dengan BlackBerry andalannya memegang pangsa pasar 18,5%, turun sedikit dari 18,8%. Sedangkan Apple kini memiliki market share 13,9%, anjlok dari 15,7%.

HTC sukses menaikkan pangsa pasar jadi 8% di kuartal kedua tahun 2010 dari 5,3% di kuartal pertama. Vendor asal Taiwan ini kukuh di posisi empat produsen smartphone terbesar dunia.

Samsung pun ketiban berkah setelah meluncurkan berbagai handset Android seperti Galaxy S. Mereka berhasil menggeser Motorola di posisi lima, dengan pangsa pasar 4,6% dari sebelumnya 3,2%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar