Kamis, 12 Januari 2012

Fungsi transaksi derivatif

Fungsi transaksi derivatif yaitu:
1. Sebagai model investasi
sebagai salah satu model berinvestasi, biasanya investasi jangka pendek (yieldenhancement).
2. Sebagai cara lindung nilai
merupakan cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging)

3. Informasi harga
memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu di kemudian hari (price discovery).Misalnya, harga minyak bumi ,bulan mendatang dapat tercermin dari harga minyak di pasar berjangka tersebut.
4. Fungsi spekulatif
Perdagangan derivatif dapat digunakan sebagai salah satu cara berspekulasi / untung-untungan .
5. Membuat fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien.
Transaksi derivatif, khususnya atas barang komoditi dapat membuat berjalannya dengan baik dan efisien terhadap fungsi manajemen produksi. Sebab, dengan adanya transaksi berjangka (atas barang-barang komoditi) fungsi manajemen produksi dari suatu produsen akan mendapat gambaran tentang permintaan dan kebutuhan pasar di masa yang akan datang terhadap produk yang dihasilkannya itu, dengan cerminan gambaran harga di pasar. Dengan demikian, kapasitas produksi dan penyimpanan barang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
6. mencegah gejolak harga pasar yang ekstrim terhadap underlying asset
adanya perdagangan berjangka, maka pasar akan bereaksi yang positif terhadap permintaan dan penawaran. indikator harga dihitung secara cermat sehingga jika ada harga underlying asset yang terlalu rendah misalnya, maka demand akan tinggi sehingga dengan demikian tingkat harga akan segera naik lagi, demikian juga sebaliknya. Dengan demikian, fluktuasi harga dari underlying asset menjadi tidak terlalu tinggi dan selalu terjaga pada batas-batas harga normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar